HUBUNGAN STIGMA MASYARAKAT, PENERIMAAN, DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP ODS DI POLIKLINIK RSJD PROVINSI JAMBI

ANIPAH, ANIPAH (2023) HUBUNGAN STIGMA MASYARAKAT, PENERIMAAN, DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP ODS DI POLIKLINIK RSJD PROVINSI JAMBI. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (682kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kualitas hidup ODS berdampak pada kesehatan fisik, kesehatan mental, tingkat ketergantungan, kepercayaan individu serta hubungan dengan lingkungan sekitarnya. Faktor yang mempengaruhi kualitas hidup ODS dari stigma masyarakat tinggi, penerimaan keluarga terhadap ODS kurang baik dan dukungan keluarga yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stigma masyarakat, penerimaan dan dukungan keluarga dengan kualitas hidup ODS. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional study. Kriteria responden adalah keluarga yang tinggal bersama ODS, merawat dan membawa ODS kontrol, berusia 20 tahun keatas, dan bisa membaca dan menulis. Responden diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sebanyak 329 keluarga ODS telah berkontribusi dan menyelesaikan seluruh tahapan penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas hidup yang diukur dengan Schizophrenia Quality Of Life Scale (SQOLS), stigma masyarakat yang diukur dengan The Devaluation Familiers Scale (DCFS), penerimaan keluarga dan variabel dukungan keluarga. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji korelasi person product moment dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian didapatkan bahawa ada hubungan yang signifikan antara stigma masyarakat dengan kualitas hidup ODS (p-value = 0,000), penerimaan keluarga dengan kualitas hidup ODS (p-value= 0,000), dan dukungan keluarga dengan kualitas hidup ODS (p-value = 0,000). Faktor yang paling berhubungan dengan kualitas hidup adalah dukungan keluarga (1,319). Diharapkan keterlibatan pelayanan kesehatan dan keluarga dalam merawat ODS untuk meningkatkan kualitas hidup ODS sehingga dapat meningkatkan strategi koping keluarga sebagai sistem pendukung dalam mengatasi masalah kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Dewi Eka Putri, M. Kep., Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Stigma masyarakat, Penerimaan Keluarga, Dukungan Keluarga, Kualitas Hidup ODS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 14 Sep 2023 09:26
Last Modified: 14 Sep 2023 09:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214226

Actions (login required)

View Item View Item