Pengaruh Keterlibatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Moderasi Karakteristik Generasi Karyawan Instansi Swasta Di Kota Padang Sumatera Barat

Nia, Arfina Foci (2023) Pengaruh Keterlibatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Moderasi Karakteristik Generasi Karyawan Instansi Swasta Di Kota Padang Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Full Text Tesis Nia Arfina Foci)
Full Text_Tesis_Nia Arfina Foci.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Keterlibatan Karyawan (Employee Engagement) merupakan hal yang menjadi isu penting dan menjadi perhatian utama bagi pimpinan organisasi di dunia karena keterlibatan karyawan dapat meningkatkan kinerja karyawan dan kinerja organisasi secara keseluruhan. Karyawan yang terlibat dengan pekerjaan akan mengerahkan seluruh kemampuan, usaha, pemikiran dan sangat berkontribusi dalam mewujudkan sasaran organisasi. Pentingnya pengaruh keterlibatan karyawan terhadap kinerja karyawan yang menjadi sasaran manajemen organisasi, serta dengan adanya beragam karakteristik generasi pribadi karyawan yang semakin menjadi tantangan bagi manajemen Sumber Daya Manusia dalam upaya mengeksplorasi dan mempertahankan SDM terbaiknya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh keterlibatan karyawan terhadap kinerja karyawan dengan moderasi karakteristik generasi (generasi Y dan generasi Z) pada karyawan swasta di Sumatera Barat. Indikator keterlibatan karyawan, kinerja karyawan dan karakteristik generasi diidentifikasi dari studi literatur, kemudian divalidasi oleh pakar. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap karyawan swasta yang ada di kota Padang yang dibagikan menggunakan google form kepada 100 sampel sesuai kriteria yang dibutuhkan. Pengolahan data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) berbasis Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SmartPLS 4.0. Tahapan dalam pengolahan data yaitu dengan melakukan evaluasi model pengukuran (outer model), model struktural (inner model), pengujian hipotesis, serta pengujian perbedaan keterlibatan karyawan dan kinerja karyawan berdasarkan karakteristik generasi Y dan generasi Z. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa keterlibatan karyawan dan karakteristik generasi memiliki hubungan positif signifikan dengan kinerja karyawan. Karakteristik generasi juga memiliki hubungan positif signifikan dengan keterlibatan karyawan. Sedangkan keterlibatan karyawan memiliki hubungan negatif signifikan dengan kinerja karyawan melalui karakteristik generasi sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja karyawan dapat ditingkatkan dengan adanya peningkatan atau perbaikan pada variabel keterlibatan karyawan dan karakteristik generasi, dimana efek moderasi karakteristik generasi tidak memperkuat hubungan keterlibatan karyawan dengan kinerja karyawan, namun keterlibatan karyawan dan kinerja karyawan dapat ditingkatkan dengan pengaruh langsung dari karakteristik generasi yang kuat. Generasi Y dan Generasi Z tidak ada perbedaan signifikan pada keterlibatan karyawan dan kinerjanya, namun generasi Y lebih kuat dalam memberikan pengaruh dibandingkan generasi Z. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pimpinan instansi swasta dalam meningkatkan kinerja karyawan dengan memperhatikan aspek keterlibatan karyawan maupun karakteristik generasi karyawan pada instansi swasta yang ada di Kota Padang, Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. Elita Amrina, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Instansi Swasta, Keterlibatan Karyawan, Kinerja Karyawan, Karakteristik Generasi, PLS-SEM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik industri
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:38
Last Modified: 14 Sep 2023 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214152

Actions (login required)

View Item View Item