Pengaruh Konsentrasi Sari Daun Senduduk (Melastoma malabathricum L.) Terhadap Karakteristik Mi Kering Campuran Tepung Terigu dan Tepung Sukun

Tessa, Andelin (2023) Pengaruh Konsentrasi Sari Daun Senduduk (Melastoma malabathricum L.) Terhadap Karakteristik Mi Kering Campuran Tepung Terigu dan Tepung Sukun. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi sari daun senduduk terhadap karakteristik mi kering campuran tepung terigu dan tepung sukun, dan untuk menentukan perlakuan terbaik konsentrasi sari daun senduduk terhadap karakteristik mi kering campuran tepung terigu dan tepung sukun dilihat dari uji fisik, kimia, dan organoleptik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Pada penelitian ini dilakukan penambahan cairan (air + sari daun senduduk) sebanyak 28% dari total berat tepung yang digunakan. Konsentrasi sari daun senduduk dari total cairan yang ditambahkan juga dihitung berdasarkan jumlah tepung yang digunakan. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini adalah A (Tanpa sari daun senduduk), B (konsentrasi sari daun senduduk 5%), C (konsentrasi sari daun senduduk 10%), D (konsentrasi sari daun senduduk 15%), E (konsentrasi sari daun senduduk 20%). Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa konsentrasi sari daun senduduk memberikan pengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar karbohidrat, aktivitas antioksidan, uji fisik warna, dan organoleptik warna, akan tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap kadar lemak, angka lempeng total, organoleptik aroma, tekstur, dan rasa. Hasil terbaik didapatkan pada perlakuan C (konsentrasi sari daun senduduk 10%), dengan nilai warna 4,35 (suka), aroma 3,45 (biasa), tekstur 3,50 (biasa), rasa 4,15 (suka), kadar air 9,56%, kadar abu 1,61%, kadar protein 11,38%, kadar lemak 2,42%, kadar karbohidrat 75,03%, aktivitas antioksidan 52,02%, angka lempeng total 7,9 x 10⁴ CFU/g dan °Hue warna 130,40.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Aisman. M.Si
Uncontrolled Keywords: daun senduduk, mi kering, sukun, antioksidan, organoleptik
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:52
Last Modified: 15 Sep 2023 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213957

Actions (login required)

View Item View Item