Komunikasi Pemasaran Untuk Menarik Minat Pengunjung Pariwisata (Studi Kasus Pada Alinia Park and Resort di Kabupaten Dharmasraya)

Dufira, Sabilla (2023) Komunikasi Pemasaran Untuk Menarik Minat Pengunjung Pariwisata (Studi Kasus Pada Alinia Park and Resort di Kabupaten Dharmasraya). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVERRR.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUPP.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL SKRIPSI DUFIRA SABILLA)
FULL SKKRIPSI DUFIRA SABILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENARIK MINAT PENGUNJUNG PARIWISATA (STUDI KASUS PADA ALINIA PARK AND RESORT DI KABUPATEN DHARMASRAYA) Oleh: Dufira Sabilla 1910863018 Pembimbing: Dr, Emeraldy Chatra, M.I.Kom M.A Dalmenda, M.Si Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya objek wisata baru di Kabupaten Dharmasraya yang mengacu pada konsep objek wisata seperti di luar negeri. Objek wisata yang bernama Alinia Park and Resort ini berlokasi di daerah yang terkenal dengan perkebunan sawit. Alinia Park and Resort mampu bertahan lebih dari satu tahun di tengah kondisi objek wisata Dharmasraya yang eksis untuk sementara waktu lalu mati terbengkalai dan di tengah kondisi masyarakatnya yang haus akan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran yang dilakukan Alinia Park and Resort untuk menarik minat pengunjung serta mengetahui hambatan komunikasi Alinia Park and Resort dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasaran untuk menarik minat pengunjung. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Integrated Marketing Communication. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Alinia Park and Resort telah melakukan keseluruhan kegiatan dari elemen bauran promosi dalam IMC namun masih belum maksimal dalam pelaksanaannya. Kegiatan yang sudah berjalan dengan maksimal yaitu direct marketing, internet/interactive marketing, sales promotion, personal selling, event and experience, serta public relations. Sedangkan kegiatan periklanan dan word of mouth belum berjalan dengan baik. Selanjutnya hambatan komunikasi Alinia Park and Resort dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasaran yaitu hambatan psikologis (penolakan pengunjung dan kurangnya respon terkait iklan), hambatan teknis (keterbatasan SDM), hambatan fisik (akses jalan), dan hambatan budaya (adanya pungutan liar). Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, IMC, Alinia Park and Resort, Minat Pengunjung

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom M.A. Dalmenda, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:33
Last Modified: 13 Sep 2023 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213892

Actions (login required)

View Item View Item