KOMUNIKASI PEMASARAN KAFE PAYUNG DI PANTAI PADANG DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN

Rifael, Robertus (2023) KOMUNIKASI PEMASARAN KAFE PAYUNG DI PANTAI PADANG DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (PENUTUP)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Robertus Rifael_1910862005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Maraknya fenomena pertumbuhan kafe modern di Kota Padang berlangsung secara pesat hingga saat ini. Hal ini tidak mengakibatkan kafe dengan konsep kearifan lokal dan sederhana mengalami kemunduran. Kafe yang dimaksud adalah Kafe Payung yang terletak di Pantai Padang. Para pelaku usaha Kafe Payung menerapkan komunikasi pemasaran yang mana merupakan salah satu cara dalam mempertahankan pelanggan di era gempuran kafe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Kafe Payung di Pantai Padang dalam mempertahankan pelanggan serta alasan pelanggan tetap memilih Kafe Payung di Pantai Padang sebagai destinasi tempat berkumpul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma post-positivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan teknik analisis data Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Integrated Marketing Communication (IMC) dengan hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha Kafe Payung di Pantai Padang yaitu menggunakan spanduk berwarna, menghimbau pelanggan melalui sahutan, menyajikan hiburan live music dalam memikat perhatian pelanggan, pemilik sebagai representasi dari humas, menggunakan media sosial, memberikan diskon dan free sampel produk dan melakukan promosi melalui pelanggan potensial. Berbagai elemen tersebut menjadi faktor bertahannya pelanggan. Sedangkan, alasan para pelanggan memilih Kafe Payung di Pantai Padang sebagai destinasi tempat berkumpul yaitu suasana nyaman yang dipadukan dengan lokasi strategis, pelayanan pemilik Kafe Payung yang ramah, menu unik yang memiliki cita rasa lezat, harga produk yang terjangkau dan adanya hiburan live music.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si. Ilham Havifi, M.I.Kom.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:55
Last Modified: 08 Sep 2023 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213050

Actions (login required)

View Item View Item