Analisa Model Waktu Manuver dan Antrian Kendaraan pada Fasilitas U Turn di Ruas Jalan Kota Padang

Arifah, Salbiah (2023) Analisa Model Waktu Manuver dan Antrian Kendaraan pada Fasilitas U Turn di Ruas Jalan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu permasalahan transportasi yang timbul akibat banyaknya jumlah kendaraan bermotor adalah kemacetan. Salah satu langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan membuat median. Dalam perencanaan median, terdapat bukaan median sebagai fasilitas bagi kendaraan untuk melakukan gerakan putar balik arah (U Turn). Fasilitas U Turn tidak secara keseluruhan mengatasi masalah, sebab U Turn akan menimbulkan permasalahan konflik tersendiri dalam bentuk hambatan arus lalu lintas searah dan berlawanan arah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa waktu manuver dan antrian kendaraan pada fasilitas putar balik arah (u turn) di ruas jalan Kota Padang. Penelitian dilakukan selama 7 hari. Pengamatan dilakukan selama satu jam pada jam sibuk yaitu pukul 16.00-17.00 WIB. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung di lokasi penelitian dan dengan menggunakan alat bantu kamera digital. Analisa data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Dari hasil penelitian didapatkan nilai koefisien korelasi pada setiap model regresi berada pada rentang 0,75 - 0,99 yang berarti dari model persamaan regresi yang terbentuk, variabel dependen (Y) sangat kuat dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen (X). Model persamaan yang didapatkan untuk waktu manuver (Y1) pada bagian timur adalah Y1 = -17,26015 + 1,71213 X4 + 0,01319 X5 dan pada bagian barat adalah Y1= 4,34623 + 0,34623 X2 + 0,00255 X5. Sedangkan model persamaan jumlah antrian kendaraan (Y2) pada bagian timur adalah Y2= -379,14301 + 10,20393 X2 + 0,11890 X5 dan pada bagian barat adalah Y2 = -110,51276 + 15,57138 X2 - 0,05518 X5. Hasil analisa menunjukkan pada persamaan waktu manuver (Y1) pada bagian timur, variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel lebar median (X4) dan pada bagian barat adalah variabel lebar jalan (X2). Sedangkan pada persamaan jumlah antrian kendaraan (Y2) pada bagian timur dan barat, variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel lebar jalan (X2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yosritzal, S.T., M.T., Ph.D
Uncontrolled Keywords: U Turn, Waktu Manuver, Jumlah Antrian Kendaraan, Persamaan Regresi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:28
Last Modified: 13 Sep 2023 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213003

Actions (login required)

View Item View Item