Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Kelelahan Kerja Subjektif pada Pekerja Produksi Bagian Moulding di PT Giken Precision Indonesia Kota Batam Tahun 2023

Viona, Puti Chairunisa (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Kelelahan Kerja Subjektif pada Pekerja Produksi Bagian Moulding di PT Giken Precision Indonesia Kota Batam Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB 6 (Kesimpulan dan Saran))
BAB 6 (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI_VIONA PUTI CHAIRUNISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian : Kelelahan berdampak terhadap penurunan performa dan ketahanan tubuh untuk melakukan pekerjaan. Berdasarkan hasil survei awal di PT Giken Precision Indonesia 6 dari 10 pekerja produksi moulding mengalami keluhan kelelahan kerja subjektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keluhan kelelahan kerja subjektif pada pekerja produksi moulding PT Giken Precision Indonesia. Metode : Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan pada bulan Januari-Agustus 2023 dengan sampel 74 pekerja yang didapatkan melalui metode simple random sampling. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan 70,3% pekerja mengalami keluhan kelelahan kerja subjektif berat, 24,3% dengan usia tua, 27% dengan status gizi tidak normal, 74,3% dengan kualitas tidur buruk, 25,7% dengan masa kerja lama, 87,8% dengan beban kerja mental tinggi. Hasil uji statistik didapatkan terdapat hubungan antara keluhan kelelahan kerja subjektif dengan usia (p=0,004), status gizi (p=0,011), masa kerja (p= 0,016). Tidak terdapat hubungan antara keluhan kelelahan kerja subjektif dengan kualitas tidur (p=0,097) dan beban kerja mental (p=0,521). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara usia, status gizi, masa kerja dengan keluhan kelelahan kerja subjektif. Diharapkan PT Giken Precision Indonesia dapat menyesuaikan aktivitas kerja dengan kemampuan dan kondisi para pekerja serta pekerja dapat memanfaatkan waktu istirahat diluar jam kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aulia Rahman, SKM., MKM.
Uncontrolled Keywords: Industri Manufaktur, Kelelahan Kerja, Pekerja Produksi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:27
Last Modified: 07 Sep 2023 08:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212903

Actions (login required)

View Item View Item