“UPAYA HUKUM TERKAIT PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI PADA PERJANJIAN LEASING AKIBAT TUNGGAKAN PEMBAYARAN UNIT KENDARAAN BERMOTOR MELALUI BPSK (BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN)” (Studi Kasus Perkara Nomor 29 / P3K / VI / 2021)

Rizky, Febrian Dellas (2023) “UPAYA HUKUM TERKAIT PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI PADA PERJANJIAN LEASING AKIBAT TUNGGAKAN PEMBAYARAN UNIT KENDARAAN BERMOTOR MELALUI BPSK (BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN)” (Studi Kasus Perkara Nomor 29 / P3K / VI / 2021). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan terhadap konsumen merupakan hal yang penting dalam menjaga keseimbangan hubungan antara pelaku usaha dengan konsumen karena dengan hubungan tersebut tidak menutup kemungkinan timbulnya sebuah perselisihan atau sengketa konsumen dengan pelaku usaha. Perselisihan-perselisihan yang dialami oleh konsumen dan pelaku usaha tersebut dapat timbul sebagai akibat dari adanya hubungan hukum perjanjian antara pelaku usaha dan konsumen maupun akibat dari adanya perbuatan melanggar hukum atau ingkar janji (Wanprestasi) yang dilakukan oleh pelaku usaha maupun oleh konsumen itu sendiri seperti salah satu kasus yang diselesaikan di BPSK Kota Padang dengan Nomor Registrasi Perkara Nomor 29 / P3K / VI / 2021. Oleh karena itu tentu harus ada upaya hukum untuk melakukan penyelesaian terhadap perselisihan yang terjadi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini menitikberatkan pada upaya hukum yang dilakukan dalam menyelesaikan sengketa wanprestasi terhadap perjanjian leasing akibat tunggakan pembayaran kendaraan bermotor melalui BPSK Kota Padang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum dalam bentuk studi hukum Yuridis empiris, dimanan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif analitis. Untuk memperoleh data, Peneliti melakukan wawancara dan studi dokumen, dan pengolahan data yang diperoleh, Peneliti melakukan editing karena tidak semua hasil wawancara dan studi dokumen Peneliti cantumkan melainkan data-data yang iperlukan Peneliti saja. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penyelesaian Sengketa Wanprestasi terhadap perjanjian dengan Leasing dapat dilakukan di BPSK Kota Padang denga menggunakan salah satu dari 3 (tiga) metode yaitu Mediasi, Konsiliasi, dan arbitrase. Untuk proses penyelesaian di BPSK Kota Padang terhadap Perkara Nomor 29 / P3K / VI / 2021 dapat dikatakan efektif dan efisien sesuai asas Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan walaupun masih ada kendala atau hambatan umum yang terjadi. Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Upaya Hukum, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Leasing

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Wetria Fauzi, S.H., M.H Neneg Oktarina, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:49
Last Modified: 07 Sep 2023 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212855

Actions (login required)

View Item View Item