PERBEDAAN PERKEMBANGAN EXECUTIVE FUNCTION PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DITINJAU DARI AKTIVITAS DIBACAKAN DAN TIDAK DIBACAKANNYA BUKU

Rahmat, Fiqih Fazikri (2023) PERBEDAAN PERKEMBANGAN EXECUTIVE FUNCTION PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DITINJAU DARI AKTIVITAS DIBACAKAN DAN TIDAK DIBACAKANNYA BUKU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Full Text Executive Function.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perkembangan executive function (EF) anak usia prasekolah yang ditinjau dari aktivitas dibacakan dan tidak dibacakannya buku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan uji Mann Whitney. Partisipan di dalam penelitian ini berjumlah 130 orang tua dari anak usia prasekolah yang diminta untuk menilai EF anak mereka, dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas yakni sampling sukarela. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan alat ukur Behavior Rating Inventory of Executive Function - Preschool Version (BRIEF-P) yang diadaptasikan ke dalam bahasa Indonesia oleh Nasa et al. (2022). Reliabilitas alat ukur tersebut dapat dilihat dari koefisien alpha cronbach yakni 0,975. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan executive function pada anak usia prasekolah yang ditinjau dari aktivitas dibacakan dan tidak dibacakannya buku. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Mann Whitney yang mempunyai nilai signifikansi 0,000 (p < 0.05). Hasil ini juga menyimpulkan bahwa perkembangan EF anak usia prasekolah yang dibacakan buku lebih tinggi dibandingkan dengan anak usia prasekolah yang tidak dibacakan buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwi Puspasari, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Prasekolah, Dibacakan dan Tidak Dibacakan Buku, Executive Function,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:31
Last Modified: 06 Sep 2023 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212472

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item