Rahmat, Fiqih Fazikri (2023) PERBEDAAN PERKEMBANGAN EXECUTIVE FUNCTION PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DITINJAU DARI AKTIVITAS DIBACAKAN DAN TIDAK DIBACAKANNYA BUKU. Diploma thesis, Universitas Andalas.
This is the latest version of this item.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (235kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version Download (146kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Full Text Executive Function.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perkembangan executive function (EF) anak usia prasekolah yang ditinjau dari aktivitas dibacakan dan tidak dibacakannya buku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan uji Mann Whitney. Partisipan di dalam penelitian ini berjumlah 130 orang tua dari anak usia prasekolah yang diminta untuk menilai EF anak mereka, dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas yakni sampling sukarela. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan alat ukur Behavior Rating Inventory of Executive Function - Preschool Version (BRIEF-P) yang diadaptasikan ke dalam bahasa Indonesia oleh Nasa et al. (2022). Reliabilitas alat ukur tersebut dapat dilihat dari koefisien alpha cronbach yakni 0,975. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan executive function pada anak usia prasekolah yang ditinjau dari aktivitas dibacakan dan tidak dibacakannya buku. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Mann Whitney yang mempunyai nilai signifikansi 0,000 (p < 0.05). Hasil ini juga menyimpulkan bahwa perkembangan EF anak usia prasekolah yang dibacakan buku lebih tinggi dibandingkan dengan anak usia prasekolah yang tidak dibacakan buku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dwi Puspasari, M.Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Prasekolah, Dibacakan dan Tidak Dibacakan Buku, Executive Function, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:31 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:36 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212472 |
Available Versions of this Item
-
PERBEDAAN PERKEMBANGAN EXECUTIVE FUNCTION PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DITINJAU DARI AKTIVITAS DIBACAKAN DAN TIDAK DIBACAKANNYA BUKU. (deposited UNSPECIFIED)
- PERBEDAAN PERKEMBANGAN EXECUTIVE FUNCTION PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DITINJAU DARI AKTIVITAS DIBACAKAN DAN TIDAK DIBACAKANNYA BUKU. (deposited 06 Sep 2023 07:31) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |