Hubungan Kebiasaan Jajan Street Food, Aktivitas Fisik, dan Paparan Media Elektronik dengan Kejadian Obesitas Pada Siswa Sekolah Dasar di SD Adabiah Kota Padang Tahun 2023

Syakirah, Anggun Dwi (2023) Hubungan Kebiasaan Jajan Street Food, Aktivitas Fisik, dan Paparan Media Elektronik dengan Kejadian Obesitas Pada Siswa Sekolah Dasar di SD Adabiah Kota Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT ANGGUN DWI SYAKIRAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Obesitas pada anak usia sekolah perlu diperhatikan karena telah menjadi epidemi global yang semakin meningkat prevalensinya. Peningkatan obesitas pada anak memiliki dampak kesehatan yang serius dan berdampak jangka panjang. Di Indonesia, obesitas termasuk kepada masalah gizi yang membutuhkan penanganan secara serius. Menurut Dinas Kesehatan Kota Padang, kejadian obesitas ini termasuk kepada 10 masalah kesehatan terbanyak yang terjadi pada anak sekolah dasar. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan jajan street food, aktivitas fisik, dan paparan media elektronik dengan kejadian obesitas pada siswa sekolah dasar di SD Adabiah Kota Padang tahun 2023. Metode Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SD Adabiah Padang kelas 1-5 dengan total sampel sebanyak 141 siswa, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner melalui wawancara. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan responden dengan status gizi obesitas sebesar 19,9%, kebiasaan jajan street food sering yang sebesar 62,4%, aktivitas fisik kurang sebesar 65,2%, paparan media elektronik tinggi sebesar 53,9%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kebiasaan jajan street food (p-value=0,281), aktivitas fisik (p-value=0,443), dan paparan media elektronik (p-value=0,701) dengan kejadian obesitas pada siswa sekolah dasar di SD Adabiah Kota Padang tahun 2023. Kesimpulan Kebiasaan jajan street food, aktivitas fisik, dan paparan media elektronik tidak berhubungan dengan kejadian obesitas pada siswa sekolah dasar di SD Adabiah Kota Padang tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fivi Melva Diana, S.K.M., M.Biomed.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:13
Last Modified: 11 Sep 2023 09:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212207

Actions (login required)

View Item View Item