HUBUNGAN STATUS GIZI, POLA MAKAN, DAN ANEMIA DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI INDONESIA (SYSTEMATIC REVIEW)

Deanie, Azwar (2023) HUBUNGAN STATUS GIZI, POLA MAKAN, DAN ANEMIA DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI INDONESIA (SYSTEMATIC REVIEW). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian: Kondisi remaja lebih sering mengalami permasalahan saat menstruasi seperti siklus menstruasi yang tidak normal, beberapa faktor yang berhubungan dengan siklus menstruasi adalah status gizi, pola makan, dan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui telaah sistematis penelitian publikasi tentang hubungan status gizi, pola makan, dan anemia dengan siklus menstruasi pada remaja putri di Indonesia. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian systematic review dengan melakukan penelusuran literatur di internet melalui database PubMed, dan google scholar. Kriteria Inklusi dalam penelitian ini adalah artikel mengenai hubungan salah satu variabel (status gizi, asupan makan, pola makan, siklus menstruasi), batasan waktu dari tahun 2012-2022, artikel dengan full text, Penelitian berada di wilayah Indonesia, Artikel yang didapatkan secara online, desain artikel cross sectional, artikel dengan sampel remaja putri. Hasil: Didapatkan lima artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan dimasukkan ke dalam telaah sistematis. Remaja yang menjaga gizi mereka menjadi normal maka akan mengakibatkan siklus menstruasi yang normal juga, kelebihan maupun kekurangan gizi dapat menyebabkan terjadi siklus menstruasi yang tidak normal. Pola makan yang baik akan meningkatkan gizi sehingga siklus menstruasi juga akan meiliki kecenerungan normal, begitupun pola makan yang tidak teratur juga akan menyebabkan siklus menstruasi terganggu. Anemia dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi, akan tetapi anemia bukan sattu-satunya faktor penyebab siklus menstruasi. Kesimpulan: Remaja yang menjaga gizi mereka menjadi normal maka akan mengakibatkan siklus menstruasi yang normal, pola makan yang baik akan meningkatkan status gizi sehingga siklus menstruasi juga akan meiliki kecenerungan normal, anemia dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi Kata Kunci: Status Gizi, Pola Makan, Anemia, Siklus Menstruasi, Remaja Putri

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azrimaidaliza, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Pola Makan, Anemia, Siklus Menstruasi, Remaja Putri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:05
Last Modified: 05 Sep 2023 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212102

Actions (login required)

View Item View Item