PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM PENCEGAHAN GASTRITIS PADA REMAJA DI SMA NEGERI 5 KOTA PADANG TAHUN 2023

Dani, Tirtajaya Pramana (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM PENCEGAHAN GASTRITIS PADA REMAJA DI SMA NEGERI 5 KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text
BAB 6 KESIMPULAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text_Dani Tirtajaya Pramana_1911211016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Angka kasus gastritis tahun 2017-2022 sebanyak 41.125 kasus. Cara menurunkan angka kejadian gastritis dengan meningkatkan pengetahuan dan sikap menggunakan media Instagram sebagai media sosial yang menarik dan tingkat penggunanya tinggi pada remaja serta dapat diakses dimana dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap perubahan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan gastritis pada remaja di SMA Negeri 5 Kota Padang tahun 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian menggunakan quasi experiment pretest posttest with control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Padang dari 15 Mei – 2 Juni 2023. Sampel penelitian ini berjumlah 30 responden untuk setiap kelompok dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan paired sample test dan independent sample test. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan skor rata-rata pengetahuan (0,0001), dan sikap (0,0001) tentang pencegahan gastritis pada kelompok Instagram sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Terdapat perbedaan rata-rata skor pengetahuan (0,0001) tentang pencegahan gastritis antara kelompok Instagram dan kontrol. Sedangkan tidak ada perbedaan rata-rata skor sikap (0,174) antara kelompok Instagram dan kontrol setelah diberi perlakuan. Pemberian penyuluhan kesehatan menggunakan media sosial Instagram berpengaruh terhadap pengetahuan pada remaja tentang pencegahan gastritis. Diharapkan kepada kepala sekolah dan institusi kesehatan untuk dapat mempertimbangkan penggunaan penggunaan media sosial Instagram serta remaja dapat lebih bijak dalam bersosial media untuk mendapatkan informasi kesehatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kamal Kasra, SKM., MQIH., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Instagram, Pencegahan Gastritis, Pengetahuan, Sikap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:37
Last Modified: 05 Sep 2023 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212038

Actions (login required)

View Item View Item