Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Upaya Pencegahan Penyakit Tuberkulosis pada Tokoh Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2023

Mutiara, Hendi Farsyllah (2023) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Upaya Pencegahan Penyakit Tuberkulosis pada Tokoh Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (BAB 6 (Kesimpulan dan Saran))
BAB 6 (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_MUTIARA HENDI FARSYLLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Penyakit tuberkulosis merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia dikarenakan hambatan dalam upaya pencegahan penyakit tuberkulosis. Upaya pencegahan penyakit tuberkulosis membutuhkan keterlibatan peran tokoh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan upaya pencegahan penyakit tuberkulosis oleh tokoh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah tokoh masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Andalas, sampel penelitian sebanyak 69 responden yang diambil menggunakan multistage random sampling. Hasil: Data dianalisi dengan analisis multivariat, analisis bivariat dan analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p-value=0,005), sikap (p-value=0,010) dan literasi kesehatan (p-value=0,016) dengan upaya pencegahan penyakit tuberkulosis pada tokoh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Faktor pengetahuan merupakan faktor yang paling berhubungan dengan upaya pencegahan penyakit tuberkulosis pada tokoh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Andalas (p-value=0,008, POR=5,632, CI:1,582-20,055). Kesimpulan: Pengetahuan, sikap dan literasi kesehatan memiliki hubungan terhadap upaya pencegahan penyakit tuberkulosis pada tokoh masyarakat. Diharapkan tokoh masyarakat dapat mengikuti sosialisasi tentang penyakit tuberkulosis serta meningkatkan pengetahuan mengenai penyakit tuberkulosis dan bagi petugas kesehatan diharapkan dapat lebih giat dan aktif melakukan sosialisasi mengenai tuberkulosis pada tokoh masyarakat sehingga dapat terbentuk upaya pencegahan penyakit tuberkulosis pada tokoh masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Suzana Eka Putri, SKM., M.CommHealthSc., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, Upaya Pencegahan, Tokoh Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:16
Last Modified: 04 Sep 2023 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212006

Actions (login required)

View Item View Item