Pengaruh Variasi Printing Speed Dan Layer Height 3D Printer Fused Deposition Modelling (FDM) Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Cetak Berbahan Esun Polylactic Acid Super Toughness ( Epla-St )

Arjuna, Mikola (2023) Pengaruh Variasi Printing Speed Dan Layer Height 3D Printer Fused Deposition Modelling (FDM) Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Cetak Berbahan Esun Polylactic Acid Super Toughness ( Epla-St ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
1810911035 - Arjuna Mikola - Cover.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1)
1810911035 - Arjuna Mikola - BAB 1 .pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (BAB V)
1810911035 - Arjuna Mikola - BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
1810911035 - Arjuna Mikola - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (TA FULL)
1810911035 - Arjuna Mikola - Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

3D Printing sejak pertama kali ditemukan begitu memberikan banyak perubahan di dunia manufaktur, terutama dalam proses pembuatan prototyping. Benda tidak lagi cuma dapat dilihat tetapi juga bisa dipegang dan memiliki volume jika dicetak menggunakan teknologi 3D Printing. Salah satu metode 3D Printing yang populer saat ini digunakan ialah fused deposition modelling (FDM) 3D Printer. Fused deposition modelling (FDM) 3D Printer adalah salah satu metode additive manufactur dengan menggunakan ekstruder yang akan melelehkan filamen dan membuat objek secara lapis demi lapis sampai lapisan terakhir. Penggunaan fused deposition modelling (FDM) 3D Printer ini masih dalam pengembangan dan banyak faktor yang akan menentukan hasil cetak seperti yang diinginkan seperti aplikasi, pilihan peralatan, bahan baku, dan tingkat pengetahuan operator mengenai parameter percetakan. Faktor yang menentukan kekuatan hasil pencetakan 3D Printer salah satunya yaitu layer height dan print speed. Penampang filamen pada layer height berbeda dengan diameter nozelnya mempengaruhi bentuk susunan filament seperti mendekati persegi panjang dan permukaan antar layer-nya lebih luas. print speed akan mempengaruhi maksimal atau tidak nya filament menempel di bed pencetakan dan juga mempengaruhi kekuatan dari head nozzle. dan pada penelitian ini akan dilakukan pengujian dengan memberikan variasi pada layer height dan print speed untuk mencari variasi kekuatan terbaik dari spesimen yang di uji. Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian ini yaitu diawali dengan membuat design spesimen menggunakan software autodesk inventor, setelah itu design tersebut di ubah formatnya menjadi (.gcode) di aplikasi ultimaker cura supaya bisa di hubungkan dengan 3D Printer. Setelah itu lakukan pencetakan dengan filamen yang dipilih yaitu Esun Polilactic Acid Super Toughness (ePLA ST) dan untuk mengetahui kekuatan dari spesimen tersebut dilakukan pengujian tarik sekaligus pengujian makrstruktur. Setelah itu akan didapatkan variasi kekuatan terbaik yang bisa digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Ilhamdi
Uncontrolled Keywords: FDM 3D Printer,uji tarik, ePLA ST, layer height, print speed
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:58
Last Modified: 29 Aug 2023 02:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211130

Actions (login required)

View Item View Item