MARKET SHARE: ANALISIS DUKUNGAN PEMILIH MAHYELDI-AUDY PADA PILKADA SUMBAR TAHUN 2020DI KOTA PADANG

RAMONA, RAMONA (2023) MARKET SHARE: ANALISIS DUKUNGAN PEMILIH MAHYELDI-AUDY PADA PILKADA SUMBAR TAHUN 2020DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK(15).pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN(5).pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA(16).pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
FULL SKRIPSI(2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena politik yang terjadi pada Pilkada Sumbar Tahun 2020 di Kota Padang.Salah satu fenomena yang menarik adalah market share dalam kemenangan pasangan Mahyeldi-Audy.Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan market share dalam kemenangan pasangan Mahyeldi-Audy dan alasan market share tersebut memilih pasangan Mahyeldi-Audy pada Pilkada Sumbar Tahun 2020 di Kota Padang.Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan tipe penelitian strategi metode campuran sekuensial/bertahap(sequential mixed methods) terutama strategi eksplanatoris sekuensial.Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori marketing mixoleh Kotler dan Keller yaitu dengan menggunakan 7p(product, price, place,promotion,people,process dan physical evidence) . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa market share dalam kemenangan pasangan Mahyeldi-Audy adalah generasi milenial dengan pemilih tua(baby boomer).Adapun alasan market share(masyarakat yang menggunakan hak pilih untuk memilih pasangan Mahyeldi-Audy) berdasarkan teori marketing mixoleh Kotler dan Keller adalah pertama, product(produk) disini pasangan Mahyeldi-Audy dipilih oleh masyarakat disebabkan karena faktor dari partai pendukung pasangan ini, dan karena Mahyeldi pernah menjadi Wakil Walikota dan Walikota sebelumnya. Kedua, price (harga)dimana masyarakat memilih pasangan Mahyeldi-Audy karena mereka berhasil membangun image yang positif ditengah masyarakat. Ketiga, place(tempat)dikarenakan kunjungan Mahyeldi-Audy seperti kunjungan ke masjid-mesjid, kelompok tani atau kelompok masyarakat lainnya. Keempat,promotion(promosi) lebih tepat digunakan untuk menarik pemilih yang melek terhadap teknologi (generasi milenial).Kelima, people(orang) dengan pemanfaatan influencertidak menjadi faktor masyarakat untuk memilih pasangan Mahyeldi-Audy.Keenam, process(proses) dimana penyampaian janji-janji politik juga bukan alasan masyarakat memilih pasanganMahyeldi-Audy.Ketujuh, physical evidence(bukti fisik)pemilih lebih berharap agar janji-janji dan program Mahyeldi-Audy akan direalisasikansaat menjabat sebagai Gubernur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Asrinaldi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pilkada, Market Share, Pemilih, Marketing mix
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 26 Aug 2023 04:48
Last Modified: 26 Aug 2023 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210824

Actions (login required)

View Item View Item