RAMONA, RAMONA (2023) MARKET SHARE: ANALISIS DUKUNGAN PEMILIH MAHYELDI-AUDY PADA PILKADA SUMBAR TAHUN 2020DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK(15).pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN(5).pdf - Published Version Download (243kB) |
|
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA(16).pdf - Published Version Download (107kB) |
|
Text (SKRIPSI FULLTEXT)
FULL SKRIPSI(2).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena politik yang terjadi pada Pilkada Sumbar Tahun 2020 di Kota Padang.Salah satu fenomena yang menarik adalah market share dalam kemenangan pasangan Mahyeldi-Audy.Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan market share dalam kemenangan pasangan Mahyeldi-Audy dan alasan market share tersebut memilih pasangan Mahyeldi-Audy pada Pilkada Sumbar Tahun 2020 di Kota Padang.Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan tipe penelitian strategi metode campuran sekuensial/bertahap(sequential mixed methods) terutama strategi eksplanatoris sekuensial.Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori marketing mixoleh Kotler dan Keller yaitu dengan menggunakan 7p(product, price, place,promotion,people,process dan physical evidence) . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa market share dalam kemenangan pasangan Mahyeldi-Audy adalah generasi milenial dengan pemilih tua(baby boomer).Adapun alasan market share(masyarakat yang menggunakan hak pilih untuk memilih pasangan Mahyeldi-Audy) berdasarkan teori marketing mixoleh Kotler dan Keller adalah pertama, product(produk) disini pasangan Mahyeldi-Audy dipilih oleh masyarakat disebabkan karena faktor dari partai pendukung pasangan ini, dan karena Mahyeldi pernah menjadi Wakil Walikota dan Walikota sebelumnya. Kedua, price (harga)dimana masyarakat memilih pasangan Mahyeldi-Audy karena mereka berhasil membangun image yang positif ditengah masyarakat. Ketiga, place(tempat)dikarenakan kunjungan Mahyeldi-Audy seperti kunjungan ke masjid-mesjid, kelompok tani atau kelompok masyarakat lainnya. Keempat,promotion(promosi) lebih tepat digunakan untuk menarik pemilih yang melek terhadap teknologi (generasi milenial).Kelima, people(orang) dengan pemanfaatan influencertidak menjadi faktor masyarakat untuk memilih pasangan Mahyeldi-Audy.Keenam, process(proses) dimana penyampaian janji-janji politik juga bukan alasan masyarakat memilih pasanganMahyeldi-Audy.Ketujuh, physical evidence(bukti fisik)pemilih lebih berharap agar janji-janji dan program Mahyeldi-Audy akan direalisasikansaat menjabat sebagai Gubernur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof.Dr.Asrinaldi, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pilkada, Market Share, Pemilih, Marketing mix |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JC Political theory J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | s1 Ilmu politik |
Date Deposited: | 26 Aug 2023 04:48 |
Last Modified: | 26 Aug 2023 04:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210824 |
Actions (login required)
View Item |