Karakteristik Modus Kerusakan Rantai Sepeda Motor Berbasis Survei

Yusril Ihza, Mahendra (2023) Karakteristik Modus Kerusakan Rantai Sepeda Motor Berbasis Survei. Diploma thesis, Andalas University.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak 1710911044 Yusril Ihza Mahendra.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Yusril Ihza Mahendra Watermark.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5 Yusril Ihza Mahendra watermark.pdf - Published Version

Download (828kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka 1710911044 Yusril Ihza Mahendra watermark.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Skripsi utuh)
TA Sidang 1710911044 Yusril Ihza Mahendra_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penyebab kerusakan – kerusakan yang terjadi pada rantai sepeda motor di Kabupaten Pidie dan menentukan rekomendasi untuk meminimalkan kerusakan yang dapat terjadi pada rantai sepeda motor. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berbasis survei, dimana terdapat kuisioner dengan beberapa pertanyaan terkait rantai sepeda motor. Kuisioner tersebut disebar kepada sebanyak 15 responden yang dalam hal ini responden penelitian adalah bengkel – bengkel sepeda motor yang ada di Kabupaten Pidie. Hasil survei tersebut dikelompokkan berdasarkan penyebab dan jenis kerusakan yang terjadi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan jenis kerusakan pada rantai yang sering terjadi yaitu rantai aus, rantai mulur, rantai yang berkarat, rantai putus, dan rantai bengkok. Rantai yang aus umumnya disebabkan oleh perawatan yang tidak teratur, sikap pengendara saat berkendara, dan kondisi jalan berlumpur. Rantai yang mulur umumnya disebabkan oleh sikap pengendara saat berkendara, perawatan yang tidak teratur, dan kondisi jalan tidak rata. Rantai yang berkarat umumnya disebabkan oleh kondisi jalan. Rantai yang putus umumnya disebabkan oleh sikap pengendara saat berkendara. Rantai yang bengkok umumnya disebabkan oleh kondisi jalan yang tidak rata. Rekomendasi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko kerusakan yang dapat terjadi pada rantai sepeda motor adalah dengan menggunakan rantai yang berbahan asli bukan tiruan, merawat kualitas rantai setidaknya sebanyak 2 – 3 kali setiap bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:35
Last Modified: 25 Aug 2023 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210737

Actions (login required)

View Item View Item