Potensi Penggunaan Grease dengan Aplikator Khusus dalam Mengurangi Temperatur Pemotongan pada Proses Bubut dengan Pahat Karbida Non Coating

Abdurrahman, Hanif (2023) Potensi Penggunaan Grease dengan Aplikator Khusus dalam Mengurangi Temperatur Pemotongan pada Proses Bubut dengan Pahat Karbida Non Coating. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (BAB akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Grease merupakan jenis pelumas semi-solid yang berpotensi untuk mengurangi temperatur pemotongan dengan menggunakan sedikit volume saja. Akan tetapi pengaplikasian grease pada saat ini hanya bisa dilakukan secara manual sehingga penggunaannya menimbulkan bahaya keselamatan kerja. Salah seorang mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas telah melakukan pembuatan prototype aplikator grease akan tetapi performa alat tersebut baru diuji menggunakan pahat dan material baja karbon rendah. Sementara produk yang membutuhkan grease dibuat dengan material yang lebih keras dan kecepatan yang tinggi. Sehingga penelitian lebih lanjut terkait prototype ini menggunakan kecepatan tinggi dan material yang lebih keras diperlukan. Dalam penelitian ini dikaji temperatur pemotongan proses bubut dengan pahat karbida non coating yang menggunakan cairan pendingin biasa (Dromus), grease (Gemuk) dan tanpa cairan pendingin. Grease yang digunakan pada penelitian ini adalah molybdenum disulfide grease. Dengan metode rancangan acak lengkap pengaruh dari faktor yang diberikan terhadap nilai temperatur pemotongan yang didapatkan dapat dilihat. Variabel bebas pada penelitian ini adalah gerak makan (f) dengan 3 tingkatan atau level yang meliputi f1= 0,05 mm/r; f2 = 0,075 mm/r dan f3 = 0,1 mm/r. Sedangkan yang menjadi varibel tetap pada penelitian ini adalah kecepatan potong (Vc) yaitu 92 m/menit dan kedalaman potong aksial (α) yaitu 0,5 mm yang sesuai dengan jenis pahat yang dipergunakan, yaitu pahat karbida, tekanan, laju penyaluran ketiga jenis media pendinginan, dan panjang pemotongan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performa grease dengan aplikator khusus belum efektif untuk mengurangi temperatur pemotongan. Hal ini terjadi karena viskositas grease yang tinggi dan temperatur pemotongan yang tidak cukup untuk menurunkan viskositas grease dengan baik sehingga terjadi penumpukan panas pada grease di luar titik kontak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ismet Hari Mulyadi Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: proses pemesinan, cairan pendingin, grease, Dromus, temperatur pemotongan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:57
Last Modified: 24 Aug 2023 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210683

Actions (login required)

View Item View Item