Implmentasi Kebijakan Promosi Produk UMKM Pada Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Kota Solok

Permatasari YB, Intan (2023) Implmentasi Kebijakan Promosi Produk UMKM Pada Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM Kota Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVEER.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (PENUTUP)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FUL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Intan Permatasari YB, 1610841020, Implementasi Kebijakan Promosi Produk UMKM pada Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solok, Departemen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2023. Dibimbing oleh: Dr. Hendri Koeswara, S.IP,M.Soc.SC dan Kusdarini, S.IP, M.PA. Skripsi ini terdiri atas 117 halaman dengan referensi 4 buku teori, 5 buku metode, 4 skripsi, 3 jurnal, 5 dokumen pemerintahan, 2 peraturan walikota dan 4 website internet Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemui oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah yang memiliki tugas pokok dalam mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Solok. Agar pelaksanaan promosi berjalan dengan baik, Pemerintah Kota Solok mengeluarkan Peraturan Walikota Solok Nomor 49 tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. Namun dalam proses implementasi kebijakan promosi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini masih terdapat permasalahan yang dihadapi Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solok. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, observasi digunakan untuk melihat langsung kondisi dilapangan serta dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori implementasi George C. Edward III yang terdiri atas empat variabel. Serta data yang didapatkan dianalisis menggunakan Teknik Analisis Data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Implementasi Kebijakan Promosi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solok belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal. Terdapat komunikasi yang jelas namun dalam penyebarannya masih belum. Sumberdaya yang masih belum memadai. Disposisi berjalan dengan baik, namun pada indikator insentif masih belum diberikan kepada implementor. Terakhir yaitu struktur birokrasi telah dilaksanakan secara efektif oleh implementor. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Promosi Produk UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hendri Koeswara, S.IP, M. Soc. Sc
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:10
Last Modified: 30 Aug 2023 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210505

Actions (login required)

View Item View Item