INOVASI PELAYANAN ONE FOR ELEVEN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SOLOK

Atika, Atika Lillahi Nurman (2023) INOVASI PELAYANAN ONE FOR ELEVEN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER (1).pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (BAB I Pendahaluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI KESIMPULAN-compressed.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik tidak hanya memerlukan penemuan baru, tetapi juga bisa menjadi pendekatan baru yang bersifat kontekstual. Ini berarti inovasi tidak terbatas pada kemunculan gagasan dan praktik inovasi dari nol, tetapi juga bisa berupa hasil dari perluasan dan peningkatan kualitas pada inovasi yang sudah ada dalam pelayanan publik. Salah satu inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok yaitu One For Eleven (Satu layanan Menghasilkan Sebelas Dokumen). One For Eleven merupakan suatu inovasi non digital yang melibatkan dua instansi yaitu Disdukcapil dan Kementerian Agama Kota Solok. Inovasi ini mempermudah calon pengantin (catin) yang akan melangsungkan pernikahan untuk mengurus dokumen kependudukan. Catin akan langsung mendapatkan sebelas dokumen kependudukan setelah pembacaan ijab kabul selesai dilakukan, yang terdiri dari tiga KK, dua KTP, satu sertifikat layanan terintegrasi dari Disdukcapil serta dua buku kutipan akta nikah, satu kartu nikah dan dua sertifikat konseling dari Kantor Urusan Agama Kota Solok. Penelitian yang telah peneliti lakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Inovasi pelayanan One For Eleven Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solok. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi oleh Everett. M Rogers, dimana terdapat lima karakteristik inovasi yaitu relative advantage (keuntungan relatif), compatibility (kesesuaian), complexity (kerumitan), triability (kemungkinan dicoba) dan observability (kemudahan diamati). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan menunjukkan bahwa inovasi One For Eleven yang ada pada Disdukcapil Kota Solok telah memenuhi beberapa karakteristik atribut inovasi menurut Rogers, kecuali triability atau kemungkinan dicoba. Karena inovasi ini langsung diberikan kepada masyarakat, tanpa melakukan proses uji publik sebelum ditetapkan. Selain itu, secara keseluruhan inovasi ini juga telah memenuhi indikator-indikator dari variabel atribut inovasi, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan dan kendala yang harus dihadapi oleh Disdukcapil Kota Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.si dan Nila Wahyuni, S.AP, M.AP
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, One For Eleven, Disdukcapil, Kota Solok
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:58
Last Modified: 23 Aug 2023 08:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/210470

Actions (login required)

View Item View Item