FUJY, FRANNATA (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH UMUM BERBASIS PESANTREN PADA SMP PILOTING PROGRAM DI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (522kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (256kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
Skripsi_Full_Text_FujyFrannata_1710841010.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fujy Frannata, NIM 1710841010, Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren pada SMP Piloting Program di Kabupaten Solok, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2021. Dibimbing oleh: Dr. Hendri Koeswara, M.Soc.Sc dan Dr. Ria Ariany, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 148 halaman dengan 7 buku teori, 6 buku metode, 12 skripsi, 11 jurnal, 4 dasar hukum, dan 7 situs internet. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi karakter dan moral generasi penerus bangsa, terutama siswa sekolah yang telah banyak menyimpang. Hal ini terjadi akibat pengaruh globalisasi yang semakin kuat yang mengakibatkan budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya atau nilai-nilai masyarakat Indonesia, dipelajari dan ditiru oleh masyarakat Indonesia sendiri. Sehingga salah satu pemerintah daerah yaitu pemerintah Kabupaten Solok melalui bidang pendidikan membuat program Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) untuk mengatasi permasalahan tersebut di daerahnya. Program SUBP ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Solok yang dimulai pada Tahun 2017 untuk tingkat SMP, yang bertujuan untuk menanamkan, membentuk dan meningkatkan nilai-nilai religius pada kepribadian siswa di sekolah umum. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah program SUBP sesuai atau tidak dalam menanamkan, membentuk dan meningkatkan nilainilai religius pada kepribadian siswa SMP di Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan teori Evaluasi Kebijakan Bridgman dan Davis dengan 4 variabel diantaranya evaluasi input, evaluasi proses, evaluasi output, dan evaluasi outcome. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, dokumentasi, observasi. Untuk pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Untuk analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data memakai triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program SUBP pada SMP piloting program di Kabupaten Solok sudah dilaksanakan dengan baik oleh Disdikpora Kabupaten Solok. Program ini telah memberikan dampak positif yang cukup banyak terhadap siswa yang menjadi kelompok sasaran program tersebut. Hal ini dapat dibuktikan dari tingkat kemampuan agama siswa meningkat terbentuknya kebiasaan religius pada diri siswa dan dan berkurangnya kasuskasus kenakalan remaja yang dilakukan oleh siswa sekolah terutama siswa SMP di Kabupaten Solok. Kemudian, hasil ini sebagai wujud dalam mencapai tujuan menanamkan, membentuk dan meningkatkan nilai-nilai religius pada kepribadian siswa secara menyeluruh. Sehingga, program SUBP pada SMP piloting program dinilai cukup berhasil dan untuk pelaksanaan kedepannya diharapkan semua kendala dapat diminimalisir oleh pengelola program dan lebih aktif lagi dalam pelaksanaannya. Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan, Program SUBP pada SMP Piloting Program, Kabupaten Solok
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 08:55 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 08:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21001 |
Actions (login required)
View Item |