UPAYA BLOOMBERG PHILANTHROPIES UNTUK MENINGKATKAN KESETARAAN GENDER MELALUI PROGRAM WOMEN’S ECONOMIC DEVELOPMENT DI RWANDA

Ratri, Putri Azhari (2023) UPAYA BLOOMBERG PHILANTHROPIES UNTUK MENINGKATKAN KESETARAAN GENDER MELALUI PROGRAM WOMEN’S ECONOMIC DEVELOPMENT DI RWANDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Halaman Pengesahan (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (2).pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Full Halaman)
Skripsi Ratri Putri Azhari Final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Selama beberapa dekade terakhir, aktor non-pemerintah telah diakui perannya dalam masyarakat internasional, salah satunya adalah filantropi yang mendapat perhatian dari studi Hubungan Internasional karena keikutsertaannya sebagai donor dalam banyak aksi untuk mencapai pembangunan internasional, dan sifatnya yang mandiri. Namun seiring berjalannya waktu, karakteristik tersebut dipertanyakan seiring dengan munculnya cabang-cabang filantropi yang diperluas, seperti Corporate Foundation. Penelitian ini mengkaji peran Bloomberg Philanthropies, sebagai Corporate Foundation, dalam program Women's Economic Development yang dilaksanakan pertama kali di Rwanda, berfokus pada salah satu sub-program mereka yakni pelatihan kopi berbasis gender, dengan menggunakan pendekatan Power Theories Joost Van Gerwen. Studi ini mengidentifikasi tiga dimensi kekuatan yang digunakan oleh yayasan. Pertama, dimensi instrumental, di mana Bloomberg L.P. terlibat dalam lobi langsung dan tidak langsung. Kedua, dimensi struktural, di mana mereka meningkatkan kekuatan dengan berinvestasi pada program. Terakhir, dimensi diskursif, di mana Bloomberg Philanthropies berupaya meyakinkan bahwa program mereka dapat menjawab isu-isu sosial. Penelitian ini menyoroti bagaimana yayasan korporat seperti Bloomberg Philanthropies, yang pernah dipandang sebagai aktor independen dalam pembangunan internasional, dapat terjalin dengan perusahaan induknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government
J Political Science > JZ International relations
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:23
Last Modified: 08 Aug 2023 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209833

Actions (login required)

View Item View Item