Pola Komunikasi Virtual Pada Komunitas Online di Platform Discord (Studi Netnografi Pada Komunitas Resident Evil Lore Indonesia)

Zanzabil, Afsi Rahil (2023) Pola Komunikasi Virtual Pada Komunitas Online di Platform Discord (Studi Netnografi Pada Komunitas Resident Evil Lore Indonesia). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Afsi Rahil Zanzabil - Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena yang muncul pada dunia cyber akan berdampak kepada sebuah media baru yang bisa dimanfaatkan oleh organisasi, brand bahkan komunitas virtual yang akan menjadi eksistensi untuk bisa melakukan aktivitas dalam dunia online dengan mencoba untuk integrasi dengan dunia offline. Platform Discord menjadi salah satu media baru yang memiliki inovasi pada layanan chatting, streaming untuk para gamer. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Strategi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan studi netnografi. Netnografi memberikan suatu pemahaman dalam memandang nilai-nilai masyarakat dalam menjelaskan sikap dan perilaku anggota masyarakat itu sendiri serta merefleksikan implikasi dari komunikasi yang termediasi di internet. Penelitian ini mengambil data yaitu dengan melihat pola komunikasi yang terjadi dalam komunitas Resident Evil Lore Indonesia berdasarkan hasil dari observasi dan dokumentasi yang dilakukan di platform Discord. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivis dengan menggunakan teori Computer Mediated Communication (CMC) untuk melihat pola komunikasi virtual yang terdapat pada komunitas tersebut terutama pada bagian ruang obrolan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang dibahas terdapat data obrolan atau topik yang ada pada channel #ngobrol-bebas berupa konten politik agama, pop-culture dan video-game. Pola komunikasi virtual dalam komunitas online Resident Evil Lore Indonesia ditandai dengan adanya pola multi-arah dan sirkular pada interaksi yang terjadi sesama anggota di ruang obrolan. Komunitas Resident Evil Lore Indonesia di platform Discord terdapat berbagai bentuk partisipasi anggota di dalamnya yang meliputi afiliasi, ekspresi, kolaborasi dan sirkulasi. Adanya aktivitas komunikasi seperti afiliasi, ekspresi, kolaborasi dan sirkulasi dapat mempengaruhi tindakan mereka dalam memoderasi konten dan mengarahkan diskusi berdampak positif terhadap kualitas komunikasi di komunitas ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yayuk Lestari, S.Sos, MA - Novi Elian, SP, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:42
Last Modified: 07 Aug 2023 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209791

Actions (login required)

View Item View Item