PERENCANAAN PEDOMAN KESELAMATAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI KOLOM DAN BALOK GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Vira Athayya Putri, Athayya Putri (2023) PERENCANAAN PEDOMAN KESELAMATAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI KOLOM DAN BALOK GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB 1 VIRA ATHAYYA PUTRI.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN)
3. BAB 6 VIRA ATHAYYA PUTRI.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA VIRA ATHAYYA PUTRI.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lemahnya perencanaan pedoman konstruksi disebabkan oleh banyak hal seperti kurangnya pengetahuan mengenai Keselamatan Konstruksi baik dari perusahaan maupun staff, keterbatasan modal dalam pelayanan keselamatan konstruksi, selain itu rendahnya prioritas pada bidang keselamatan konstruksi. Tujuan penulisan ini adalah merencanakan pedoman keselamatan konstruksi pekerjaan kolom dan balok Gedung Pusat Informasi & Perpustakaan Universitas Negeri Padang berbasis design to construct dan integrated-determining control. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada tenaga ahli/praktisi terkait penilaian risiko dalam bentuk kerugian biaya. Selain itu, dalam perencanaan pengendalian bahaya pekerjaan didasarkan pada studi literatur, peraturan dan ketentuan yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia. Didapatkan kesimpulan pada studi kasus ini biaya kerugian yang timbulkan akibat kecelakaan lebih besar dari biaya pengendalian untuk menghindari kecelakaan yang akan terjadi. Pada proyek pembangunan Gedung Pusat Informasi & Perpustakaan Universitas Negeri Padang memiliki tingkat risiko bahaya rata-rata berskala rendah dengan rentang nilai kerugian rentang kerugian: Rp 23.272.600 - Rp 11.475.515.067. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perencanaan konstruksi direkomendasikan untuk dibuat sebelum melakukan aktivitas pekerjaan konstruksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir Akhmad Suraji, M.T.,Ph.D.,IPM
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Keselamatan Konstruksi, Risiko Kecelakaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:07
Last Modified: 25 Jul 2023 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209588

Actions (login required)

View Item View Item