MOTIVASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH PEKERJAAN KREATIF DI KOTA PADANG

Laura, Sari Ramadhani (2023) MOTIVASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN GENERASI MILENIAL DALAM MEMILIH PEKERJAAN KREATIF DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Laura Sari Ramadhani. 1610823014. Motivasi Pengambilan Keputusan Generasi Milenial dalam Memilih Pekerjaan Kreatif di Kota Padang. Pembimbing I : Prof. Dr. rer. Soz. Nursyirwan Effendi. Pembimbing II: Bapak Sidarta Puji Raharjo S.Sos. Departemen Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Budaya populer menggiring fenomena gaya hidup, budaya populer merupakan hasil aktifitas masyarakat industri dimana kebudayaan diproduksi dan disajikan delam jumlah yang besar dengan bantuan teknologi produksi, distribusi, dan akses massal, kebudayaan tersebut menjadi mudah diakses oleh masyarakat umum. Generasi Milenial adalah indigenous people dari abad digital yang sangat ketat dengan teknologi. Kepemilikan teknologi bagi generasi milenial ini adalah suatu kebutuhan dalam keseharian guna mengoptimalkan kegiatan serta pekerjaan kreatif yang mereka lakukan dan biasanya kota menjadi tempat kegiatan dan pekerjaan sebagai barista, grafis desainer, media sosial influencer, model dan fotografer. Penelitian ini bertujuan guna menjawab apa motivasi yang dimiliki generasi milenial dalam memilih pekerjaan sebagai barista, grafis desainer, media sosial influencer, model dan fotografer di Kota Padang serta menjelaskan pekerjaan-pekerjaan tesebut dapat menjadi tanda keberadaan budaya populer di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan untuk memilih informan adalah dengan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan motivasi generasi milenial dalam memilih jenis pekerjaan kreatif berupa cita-cita, bakat, dan sarana pengembangan diri yang mereka butuhkan dan juga adanya peran orang-orang terdekat seperti dukungan keluarga dan juga teman-teman. Dalam lingkup yang lebih luas terdapat motivasi yang terkait dengan ekonomi dan peluang untuk berkembang kedepannya dengan pekerjaan yang sedang mereka geluti. Perilaku pekerja pekerjaan kreatif dapat menunjukkan eksistensi dari kebudayaan populer di Kota Padang. Perilaku mereka yang mementingkan keseimbangan antara waktu kerja dan waktu untuk melakukan hal lain di luar pekerjaan mereka (work-life balance), menjadi panutan dan cerminan dari beberapa hal yang terkait budaya populer, serta mempertahankan popularitas adalah perilaku yang melahirkan, menjaga dan mempertahankan budaya populer itu ada. Kata Kunci : Budaya Populer,Pekerjaan Kreatif, Generasi Milenial, Motivasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing 1 : Prof. Dr. rer. Soz. Nursyirwan Effendi Pembimbing 2 : Sidarta Puji Raharjo, S.Sos, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 22 Jul 2023 02:51
Last Modified: 22 Jul 2023 02:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209286

Actions (login required)

View Item View Item