Hubungan Self-stigma Dengan Kepatuhan Menjalani Terapi ARV Pada Orang Dengan HIV/AIDS Di Poliklinik VCT RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Mailinda, Mailinda (2023) Hubungan Self-stigma Dengan Kepatuhan Menjalani Terapi ARV Pada Orang Dengan HIV/AIDS Di Poliklinik VCT RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

HIV/AIDS merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan kekebalan tubuh dan menjadi masalah utama yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan jutaan orang di dunia. Dalam penanganan HIV/AIDS diperlukan kepatuhan pasien dalam terapi ARV, namun yang menjadi kendala dalam penanganannya yaitu self-stigma yang dapat mempengaruhi ODHA dalam melakukkan pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Self-stigma Dengan Kepatuhan Menjalani Terapi ARV Pada Orang Dengan HIV/AIDS Di Poliklinik VCT RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Sebanyak 53 responden berpartisipasi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner self-stigma Berger HIV Stigma Scale dan kuesioner kepatuhan minum obat MMAS (Morisky Medication Adherence Scale). Hasil penelitian ini menunjukkan diketahui lebih dari setengah 52,8 % responden memiliki self-stigma yang tinggi dan 50,9% kepatuhan terapi ARV pada kategori cukup. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan self-stigma dan kepatuhan dalam menjalani terapi ARV dengan nilai yaitu p (0,029). Diharapkan dalam pelayanan terhadap pasien HIV/AIDS petugas kesehatan dapat memberikan intervensi untuk mengurangi self stigma pada pasien dengan menerapkan Entertainment-education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Rika Sarfika S.Kep., M.Kep.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : HIV/AIDS, Self-Stigma, Terapi ARV
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:49
Last Modified: 21 Jul 2023 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209131

Actions (login required)

View Item View Item