FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HIPERBILIRUBINEMIA PATOLOGIS PADA BAYI BARU LAHIR DI RUANGAN PERINATOLOGI RSUD Dr.ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2016

Siska, Yanti (2017) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HIPERBILIRUBINEMIA PATOLOGIS PADA BAYI BARU LAHIR DI RUANGAN PERINATOLOGI RSUD Dr.ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.pdf - Updated Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
3.pdf - Updated Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.pdf - Updated Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

Fenomena hiperbilirubin merupakan keadaan yang relatif tidak berbahaya, tetapi pada kadar bilirubin yang tinggi dapat menjadi toksik dan berbahaya terhadap sistim saraf pusat bayi, yang menyebabkan kematian pada bayi. Kejadian hiperbilirubinemia di kota Payakumbuh sebanyak (22%) pada tahun 2015. Tujuan penelitian untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Hiperbilirubinemia patologis pada bayi baru lahir. Metode penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh bayi baru lahir yang dirawat diruang perinatologi di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh, dengan pengambilan sampel secara accidentalsampling, sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Analisa data dilakukan secara bertahap mencakup univariat, bivariat, menggunakan uji chisquare dan multivariat dengan metode Backward-Wald pada program komputerisasi. Hasil penelitian diketahui faktor yang berhubungan dengan kejadian hiperbilirubinemia patologis adalah usia gestasi (p = 0,04), gangguan pemberian ASI (p = 0,00), dan trauma lahir (p = 0,016), sedangkan faktor dominan adalah gangguan pemberian ASI dengan nilai p=0,07 dan koefisien B adalah 465, sedangkan faktor komplikasi kehamilan, infeksi, jenis persalinan dan hipoglikemia tidak berhubungan dengan kejadian hiperbilirubinemia patologis. Diharapkan pada petugas kesehatan agar dapat melakukan upaya pencegahan sejak dini terhadap bayi yang beresiko mengalami hiperbilirubinemia patologis dan memberikan penyuluhan pada ibu bersalin tentang teknik menyusui yang baik dan benar. Kata kunci : faktor berhubungan, hiperbilirubinemia patologis, bayi baru lahir. Daftar Pustaka : 45 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:04
Last Modified: 26 Jan 2017 01:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item View Item