Hubungan Dukungan Supervisor dengan Implementasi Keselamatan Pasien pada Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr.Rasidin Padang

Rahmatul, Husna (2023) Hubungan Dukungan Supervisor dengan Implementasi Keselamatan Pasien pada Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr.Rasidin Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mengingat masalah keselamatan pasien memiliki risiko tinggi pada perawat, pasien, dan pengunjung rumah sakit, maka diperlukan stategi untuk mendorong perbaikan melalui penerapan enam sasaran keselamatan pasien. Berdasarkan hasil penelitian di negara maju maupun berkembang masih rendahnya pelaksanaan keselamatan pasien. Keberhasilan pelaksanaan keselamatan pasien dipengaruhi faktor supervisi sebagai proses supervisor mendukung perawat pelaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan supervisor dengan implementasi keselamatan pasien pada perawat pelaksana di ruang rawat inap rumah sakit umum daerah dr.Rasidin Padang. Penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dipilih sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 55 perawat. Penelitian dilakukan bulan Mei 2023 Ruang rawat inap RSUD dr.Rasidin. Pengambilan data menggunakan kuesioner dukungan supervisor dan lembar observasi implementas keselamatan pasien. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar perawat memiliki dukungan supervisor yang baik (56,4%) dan hampir seluruh perawat memiliki implementasi keselamatan pasien kurang baik (87,3%). Hasil uji chi square menunjukkan p value 0,015 < 0,05 artinya ada hubungan dukungan supervisor dengan implementasi keselamatan pasien. Diharapkan supervisor dapat memberikan umpan balik dan mengkombinasikan jadwal kerja perawat yang memiliki pengalaman terutama baik dalam pelaksanaan identifikasi pasien serta manajemen keperawatan melaksanakan program tujuh langkah menuju keselamatan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp.,M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:55
Last Modified: 21 Jul 2023 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209029

Actions (login required)

View Item View Item