PENYELESAIAN SENGKETA ARBITRASE SECARA ONLINE PADA BADAN ARBITRASE ARBITRASE NASIONAL INDONESIA (BANI) BERDASARKAN UU NOMOR 30 TAHUN 1999 TENTANG ARBITRASE DAN ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA

Putri, Shafira (2023) PENYELESAIAN SENGKETA ARBITRASE SECARA ONLINE PADA BADAN ARBITRASE ARBITRASE NASIONAL INDONESIA (BANI) BERDASARKAN UU NOMOR 30 TAHUN 1999 TENTANG ARBITRASE DAN ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (852kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL PUTRI SHAFIRA 1910113040.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini, perkembangan internet memberikan pengaruh besar kepada seluruh aspek di berbagai negara. Tidak hanya pada bidang perdagangan, namun juga dalam proses penyelesaian sengketa. Penyelesaian sengketa dapat dilakukan dengan dua cara yaitu litigasi dan non litigasi. Pada saat ini, cara penyelesaian sengketa melalui litigasi memproleh kritik, maka dari itu penyelesaian dapat diselesaikan melalui arbitrase dan alternatif penyelesaian sengketa. Seiring dengan perkembangan zaman, penyelesaiannya dapat diselesaikan secara daring. Adapun rumusan masalah dalam melakukan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan penyelesaian sengketa melalui arbitrase secara online pada Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI); 2) Bagaimana kendala penerapan penyelesaian sengketa melalui arbitrase secara online pada Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris, yaitu dengan cara melakukan penelitian menggunakan pendekatan langsung yang bersumber dari data di lapangan. Pendekatan ini dilakukan dengan pendekatan perundang-undangan serta korespondensi dengan pengumpulan data melalui proses tanya jawab melalui surat menyurat yang kemudian akan dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penyelesaian sengketa arbitrase secara online dapat berpedoman pada SK BANI Nomor: 20.015/V/SK-BANI/HU, namun tetap diperlukan peraturan khusus agar tidak adanya kekosongan hukum dalam proses penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H. Busyra Azheri, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sengketa, Arbitrase, Online
Subjects: K Law > K Law (General)
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:52
Last Modified: 21 Jul 2023 01:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208833

Actions (login required)

View Item View Item