Pengalaman Komunikasi Animator AINAKI Sumatera Barat dalam Berkarir di Industri Animasi

Irhamillah Idham, Idham (2023) Pengalaman Komunikasi Animator AINAKI Sumatera Barat dalam Berkarir di Industri Animasi. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I (PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB VI (KESIMPULAN & SARAN)
BAB VI (KESIMPULAN & SARAN).pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
THESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produksi karya animasi merupakan bagian penting dalam perekonomian di Indonesia. Untuk lebih menunjang hal tersebut, pada tahun 2017 dibentuklah AINAKI Sumatera Barat sebagai penghubung antar pelaku industri animasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas industri animasi. Peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus AINAKI. Oleh karena itu salah satu program yang dijalankan adalah menyediakan sarana pelatihan bagi calon animator. Namun dari sekian banyak lulusan dari pelatihan ini, pemilik industri animasi masih tetap kewalahan dalam mencari animator yang berkualitas. Banyak animator yang tidak bisa bertahan lama berkarir di industri dan memilih profesi lain. Hal ini yang membuat peneliti merasa tertarik dalam menggali pengalaman dan motif dari animator tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan pendekatannya adalah fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animator tidak semuanya mempunyai latar seorang seniman. Pengetahuan mengenai animasi dan Skill kreatif didapatkan melalui pengalaman bersosialisasi dengan lingkungan seperti komunitas, guru sekolah, kampus, tempat magang, internet, dan juga belajar secara otodidak. Beberapa keputusan subjek untuk berkarir di industri animasi dikarenakan ketertarikan yang tinggi terhadap animasi, dan animasi merupakan disiplin ilmu yang unik, serta prospek kerja yang cerah. Adapun pengalaman komunikasi selama berkarir terbagi menjadi 3, komunikasi antar pegawai, komunikasi pegawai dengan pimpinan, dan komunikasi pegawai dengan klien. Motif berkarir animator diantaranya, sudah berada di studio terkenal, menemukan passion, prospek kerja, growth mindset, ingin menghasilkan karya animasi sendiri. Motif turnover karir di industri animasi diantaranya, Work-life balance, animasi lebih rumit, karakter pribadi mudah bosan, komunikasi dalam lingkungan pekerjaan, leader yang tidak kompeten, dan muncul minat pindah ke bidang yang berbeda. Makna menjadi animator diantaranya adalah, animator merupakan profesi yang mengedepankan kreatifitas, tempat belajar keahlian baru, berkontribusi terhadap tontonan ramah anak, kesempatan karir yang luas dan menjanjikan, dan bidang usaha yang potensial.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si Prof Dr. Afrizal, M.A
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Animator, Fenomenologi, Motif, Kreatif, AINAKI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:44
Last Modified: 20 Jul 2023 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208558

Actions (login required)

View Item View Item