FAKTOR-FAKTOR KEPATUHAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DAN PREVALENSINYA DI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Vanessa, Vimel (2017) FAKTOR-FAKTOR KEPATUHAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DAN PREVALENSINYA DI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
3. BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Salah satu faktor yang berperan dalam peningkatan resistensi antibiotik adalah ketidakpatuhan pasien. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat prevalensi penderita TB Paru dari tahun 2014-Agustus 2016 di Puskesmas Andalas Kota Padang dan mengukur tingkat kepatuhan serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pasien dalam menggunakan antibiotik. Penilaian kepatuhan pasien dilakukan dengan metoda cross sectional study menggunakan Morisky Medication Adherence Scales (MMAS-8), perhitungan sisa obat (pill counting) serta data sputum pasien. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Dari data prevalensi pasien, terjadi penurunan jumlah pasien. Hasil menunjukkan dari 22 responden yang menerima obat dikategorikan patuh berdasarkan nilai kepatuhan MMAS-8 sebanyak 16 orang (72,73 %) dan tidak patuh sebanyak 6 orang (27,27%). Sedangkan dengan pill counting menunjukkan semua pasien patuh (100%). Data sputum diperoleh bahwa 2 pasien masih positif pada pemeriksaan bulan ke 5. Faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan pasien adalah rasa obat yang dikonsumsi pahit (100%) dan obat yang pasien konsumsi mempunyai efek yang tidak menyenangkan (83,3%). Analisa statistik mendapatkan faktor yang mempunyai hubungan bermakna dalam kepatuhan adalah tingkat pendidikan (p=0,039).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 22 Mar 2017 07:01
Last Modified: 22 Mar 2017 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20820

Actions (login required)

View Item View Item