FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PENGELOLAAN LIMBAH PADAT MENSTRUASI PADA SISWI MTSN KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2023

Regina, Muthia Sahirah (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PENGELOLAAN LIMBAH PADAT MENSTRUASI PADA SISWI MTSN KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Regina Muthia Sahirah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian: Dari hasil pra-penelitian pada 10 siswi MTsN Kota Padang Panjang ditemukan 70% tidak memisahkan sampah pembalut dengan sampah domestik, 50% tidak selalu membungkus sampah pembalut sebelum membuangnya, dan 40% tidak dibimbing oleh orang tua untuk mengelola sampah pembalut dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tindakan pengelolaan limbah padat menstruasi pada siswi MTsN Padang Panjang 2023. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan pada Januari-Juni 2023. Populasi penelitian adalah siswi kelas VII dengan sampel yang berjumlah 132 orang. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 46,2% siswi melakukan tindakan pengelolaan limbah padat menstruasi kurang baik, 42,4% berpengetahuan rendah, 47,7% bersikap negatif, 45,5% memiliki persepsi kurang baik terhadap ketersediaan sarana dan 44,7% tidak adanya peran orang tua/keluarga. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p=0,019), sikap (p=0,026), persepsi (p=0,043), dan peran (p=0,001) dengan tindakan siswi. Kesimpulan: Pengetahuan, sikap, persepsi ketersediaan sarana, dan peran orang tua/keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan tindakan pengelolaan limbah padat menstruasi siswi MTsN Padang Panjang. Disarankan kepada pemerintah untuk membuat regulasi dan prosedur pengelolaan limbah menstruasi serta bersama pihak sekolah menjalankan program Manajemen Kebersihan Menstruasi dan menyediakan fasilitas untuk pengelolaan limbah padat menstruasi yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si., Apt., M.Sc Luthfil Hadi Anshari, SKM., M.Sc
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:15
Last Modified: 20 Jul 2023 01:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208004

Actions (login required)

View Item View Item