PENGARUH EKSTRAK RIMPANG TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) TERHADAP AKTIFITAS FISIOLOGIS MANUSIA DENGAN METODE HARVARD STEP TEST.

Amyra, Wisman (2017) PENGARUH EKSTRAK RIMPANG TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) TERHADAP AKTIFITAS FISIOLOGIS MANUSIA DENGAN METODE HARVARD STEP TEST. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK PDF.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I. PENDAHULUAN PDF.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
V. KESIMPULAN DAN SARAN PDF.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (TA FULL)
skripsi amyra UNTUK SCHOLARSHIP PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) telah diteliti memiliki aktifitas sebagai peningkat stamina manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fisiologis manusia menggunakan metode harvard step test dengan menilai indeks kesanggupan badan dengan parameter denyut nadi, tekanan darah dan laju respirasi manusia tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimental dengan non randomized control group pretest-posttest design yaitu dengan melakukan perbandingan terhadap pemberian sediaan kapsul yang mengandung ekstrak rimpang temu lawak dan yang tidak mengandung ekstrak rimpang temulawak. Ekstrak temu lawak dibuat dengan metode maserasi dengan menggunakan etanol 70%. Dilanjutkan dengan pembuatan kapsul lalu pengujian indeks kesanggupan badan (IKB) terhadap panelis. Pengukuran dilakukan pada 3 kategori umur, yaitu remaja awal, remaja akhir dan dewasa awal. Ekstrak rimpang temulawak dijadikan sediaan kapsul dengan dosis 500 mg dan diujikan dengan menggunakan panelis sebanyak 30 orang dengan 3 rentan kategori umur tersebut. Penelitian ini membandingkan nilai IKB panelis tidak diberi sediaan dan diberi sediaan kapsul ekstrak rimpang temulawak. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan nilai indeks kesangggupan badan (IKB) terhadap panelis setelah diberikan sediaan kapsul ekstrak rimpang temulawak. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:24
Last Modified: 31 Mar 2017 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20794

Actions (login required)

View Item View Item