Karakteristik Teh Celup Herbal Dari Campuran Kulit Jeruk Siam (Citrus nobilis) Dan Kulit Kayu Manis (Cinnamomum burmannii)

Gea, Anesti Viantika (2023) Karakteristik Teh Celup Herbal Dari Campuran Kulit Jeruk Siam (Citrus nobilis) Dan Kulit Kayu Manis (Cinnamomum burmannii). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik teh herbal celup campuran kulit jeruk siam dan kayu manis serta mengetahui formulasi teh celup herbal campuran kulit jeruk siam dan kayu manis yang memiliki karakteristik terbaik dan disukai panelis. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah campuran serbuk kulit jeruk siam dan kayu manis: A (100%:0%), B (90%:10%), C (80%:20%), D (70%:30%) ), E (60%:40%), dan F (50%:50%). Data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan's New Analysis Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan campuran serbuk kulit jeruk siam dan kayu manis memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap nilai pH, polifenol total dan organoleptik (rasa), berbeda nyata terhadap kadar abu dan organoleptik (warna), dan berpengaruh tidak nyata pada kadar air, antioksidan (IC50), dan organoleptik (aroma). Perlakuan terbaik berdasarkan analisis kimia, mikrobiologi dan organoleptik teh celup yang dicampur serbuk kulit jeruk siam dan kayu manis adalah perbandingan 50%:50% (F) dengan nilai rata-rata sebagai berikut: pH 7,49, kadar air 6,56%, kadar abu 3,56%, polifenol total 67,05 mg GAE/gr, IC50 107,38 ppm, angka lempeng total 6,0x10^2 CFU/g dan nilai penerimaan organoleptik dengan nilai warna 3,90 ( suka), aroma 3,70 (suka), dan rasa 3,65 (suka). Kata kunci: antioksidan, karakteristik, kayu manis, kulit jeruk siam, kantong teh

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, S.T.P., M.P., Ph.D Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, M.S.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:31
Last Modified: 20 Jul 2023 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207851

Actions (login required)

View Item View Item