Muhammad, Fadhil Anshory (2023) REPRESENTASI GENDER, BUDAYA, DAN KEMISKINAN DALAM MEDIA FILM (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (182kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (301kB) |
|
Text (BAB 5 KESIMPULAN)
BAB 5 KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (296kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI FADHIL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Representasi gender, budaya dan kemiskinan sering sekali ditemukan dalam film-film yang beredar baik melalui bioskop atau melalui situs streaming berbayar. Kemudahan mengakses film membuat banyak orang menjadi penggiat film dengan berbagai tujuan yang ingin dicapai. Film mempunyai fungsi sebagai hiburan namun juga sebagai penyampai pesan, media promosi suatu budaya, hingga sebagai media untuk mengkampanyekan ideologi tertentu. Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak hadir mencoba menggambarkan ketiga hal tersebut gender, budaya, dan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi kajian paradigma kritis terhadap representasi gender, budaya, dan kemiskinan yang disajikan dalam film tersebut melalui Analisis Semiotika Roland Barthes. Peneliti menganalisis ketiga hal tersebut sebagai representasi yang ditampilkan dalam film. Film sebagai komunikasi memiliki kemampuan untuk menyebarluaskan pesan kepada khalayak dengan cepat. Analisis ini menggunakan proses pemaknaan denotasi terhadap tanda-tanda yang ada dalam film, selanjutnya diturunkan pada pemaknaan konotasi masing-masing dari ketiga hal tersebut. Pada tahap terakhir pemaknaan tersebut memunculkan sebuah mitos sesuai dengan teori Roland Barthes. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan metode studi literatur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak merepresentasikan gender dengan menonjolkan perlawanan Marlina melawan penindasan yang dilakukan Markus terhadapnya, kemudian menampilkan mumi suami Marlina sebagai cara untuk mengenalkan budaya yang ada di sumba lewat tradisi kubur batunya. Kemiskinan digambarkan dengan tidak sanggupnya Marlina untuk melakukan prosesi penguburan yang mahal untuk suaminya karena hartanya sudah dirampok oleh teman-teman Markus. Kata Kunci: Representasi Gender, Budaya, dan Kemiskinan, Semiotika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Rahmi Surya Dewi, M. Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207820 |
Actions (login required)
View Item |