STRATEGI PENGEMBANGAN MODEL DESTINASI MANAJEMEN ORGANISASI PADA KELEMBAGAAN MASYARAKAT PENGELOLA SECARA KOLABORATIF DALAM MENGEMBANGKAN TAMAN KEHATI EMIL SALIM KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

Juli, Hendrita (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN MODEL DESTINASI MANAJEMEN ORGANISASI PADA KELEMBAGAAN MASYARAKAT PENGELOLA SECARA KOLABORATIF DALAM MENGEMBANGKAN TAMAN KEHATI EMIL SALIM KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II (3).pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB PENUTUP.docx.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Tesis Full Juli Hendrita)
tesis full Juli Hendrita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi wisata Kawasan Kandi sebagai lokasi pembangunan Taman Kehati Emil Salim Kota Sawahlunto, mengidentifikasi pegembangan model DMO secara kolaboratif multipihak yang mendukung pengembangan ekowisata Taman Kehati Emil Salim Kota Sawahlunto, dan menganalisis strategi pengelolaan objek wisata menggunakan Model Bisnis Kanvas. Penelitian ini digolongkan penelitian mix method menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui proses observasi, pra penelitian, wawancara, Focus Group Discussion, dan dokumentasi. Data sekunder didapatkan dari instansi dan objek wisata yang terkait. Responden penelitian adalah pengelola objek wisata sebanyak 10 orang, pengunjung sebanyak 50 orang, masyarakat sebanyak 50 orang. Teknik analisis data menggunkan teknik reduksi, display data, penarikan kesimpulan. Serta, analisis deskriptif dan SWOT pada model bisnis kanvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jenis wisatawan yang berkunjung adalah wisatawan lokal dengan keluarga (family tour) serta wisatawan rombongan (group tour). Lokasi objek wisata memiliki akses jalan yang cukup baik, namun jauh dari pusat Kota Sawahlunto. Kondisi ini menjadi kendala bagi pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk berkunjung ke Kawasan Kandi. 2) Adanya ketertarikan Lembaga masyarakat Pengelola Taman Kehati Emil Salim Sawahlunto dalam mengembangkan ekowisata dengan model destinasi manajemen organisasi. 3) Diperoleh strategi dalam pengelolaan Taman Kehati Emil Salim Sawahlunto, yaitu menciptakan proporsi nilai sesuai dengan kebutuhan konsumen melalui rancangan paket wisata, pembaharuan fasilitas, kualitas pelayanan, dan aktivitas manajerial.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Helmi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: strategi, destination management organization,business model canvas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:00
Last Modified: 20 Jul 2023 02:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207790

Actions (login required)

View Item View Item