PARIWISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Kasus pada Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung)

Fajri, Assidqi (2023) PARIWISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Kasus pada Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
WAR IS OVER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkampungan Adat Nagari Sijunjung merupakan salah satu daerah yang dinobatkan sebagai cagar budaya peringkat nasional pada tahun 2017 karena memiliki kegiatan-kegiatan dan peninggalan benda-benda budaya. Perkampungan adat ini dikelola oleh masyarakat setempat yang bersinergi dengan pemerintah daerah. Aset utama pariwisata yang ada di perkampungan adat ini berbasis pada kearifan lokal masyarakat setempat yang masih terjaga hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan destinasi pariwisata unggulan yang terdapat di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung dan mendeskripsikan kearifan lokal masyarakat yang diterapkan di dalam pariwisata yang ada di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kategoris berdasarkan kategori yang telah ada, lalu dilakukan penafsiran dan penarikan kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan hasil penelitian, bahwa pariwisata berbasis kearifan lokal yang ada di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung ini sudah terkelola dengan baik. Masyarakat setempat pun sudah menunjukkan upaya partisipasinya dalam mengembangkan wisata yang ada dengan turut aktif berkontribusi dalam mempertahankan adat dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas serta menciptakan produk-produk khas bernilai jual yang juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Kata Kunci: Perkampungan Adat, Pariwisata, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yevita Nurti, S.Sos, M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:25
Last Modified: 20 Jul 2023 03:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207757

Actions (login required)

View Item View Item