Hubungan Pengetahuan Gizi, Body Image dan Status Ekonomi dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronis pada Remaja Putri di MTsN 2 Padang Pariaman Tahun 2022

Nasution, Tariyana Sari (2023) Hubungan Pengetahuan Gizi, Body Image dan Status Ekonomi dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronis pada Remaja Putri di MTsN 2 Padang Pariaman Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI TARIYANA SARI NASUTION_2011226008.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Kekurangan Energi Kronis (KEK) merupakan suatu kondisi kekurangan energi dan protein pada seseorang dalam jangka waktu yang lama. KEK dapat disebabkan oleh faktor langsung dan faktor tidak langsung. Faktor langsung seperti jumlah asupan makanan, aktivitas fisik serta penyakit infeksi sedangkan faktor tidak langsung seperti tingkat pendidikan, ketersediaan pangan, usia, pengetahuan gizi, sikap, status ekonomi dan body image. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, body image dan status ekonomi dengan kejadian KEK pada remaja putri di MTsN 2 Padang Pariaman. Metode Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Populasi yang terlibat yaitu seluruh remaja putri kelas VII dan VIII MTsN 2 Padang Pariaman dengan total sampel sebanyak 112 remaja putri yang diambil secara acak dengan teknik proporsional stratified random sampling. Data pada penelitian ini diperoleh dengan wawancara dan pengisian kuesioner yang selanjutnya diolah dan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil Hasil penelitian ini didapatkan distribusi frekuensi kejadian KEK sebesar 55,4%. Terdapat hubungan yang signigfikan antara pengetahuan gizi (p-value=0,014), body image (p-value=0,022), dan status ekonomi (p-value=0,021) dengan kejadian KEK. Kesimpulan Adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi, body image dan status ekonomi dengan kejadian KEK pada remaja putri di MTsN 2 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:26
Last Modified: 18 Jul 2023 09:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207501

Actions (login required)

View Item View Item