KOMUNIKASI INTERPERSONAL KONSELOR TERHADAP KORBAN KDRT (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Komunikasi Interpersonal Konselor Women's Crisis Center Nurani Perempuan dalam Membangun Kembali Konsep Diri Korban KDRT di Kota Padang

Suci, Nurul Afifah (2016) KOMUNIKASI INTERPERSONAL KONSELOR TERHADAP KORBAN KDRT (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Komunikasi Interpersonal Konselor Women's Crisis Center Nurani Perempuan dalam Membangun Kembali Konsep Diri Korban KDRT di Kota Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekerasan terhadap perempuan, khususnya KDRT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal Women’s Crisis Center Nurani Perempuan dalam membangun kembali konsep diri korban KDRT di Kota Padang dan mendeskripsikan kendala komunikasi interpersonal pada korban KDRT. Informan dalam penelitian ini adalah konselor Nurani Perempuan yang menangani kasus KDRT. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan teori yang digunakan adalah teori penetrasi sosial, model SMCR, dan teori strategi manajemen konflik. Informan penelitian ini terdiri dari dua orang informan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa komunikasi interpersonal konselor dalam menangani kasus kekerasan dalam rumahtangga berbeda-beda. Perbedaan komunikasi interpersonal ini dipengaruhi oleh kasus yang dialami korban. Hambatan yang dialami selama proses komunikasi interpersonal adalah konselor sulit untuk membangun kepercayaan dengan korban, konselor sulit untuk mentransformasikan perspektif konselor kepada korban, Konselor merasa kurang percaya diri, keterbatasan alokasi dana, kurangnya sumber daya manusia, jarak rumah korban yang jauh, korban susah untuk mengeluarkan apa yang diarasakan dan korban hanya bias menceritakan kasusnya pada satu konselor saja. Kata kunci : KDRT, Komunikasi Interpersonal, Teori Penetrasi Sosial, Model SMCR, Teori Strategi Manajemen Konflik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:36
Last Modified: 24 Jan 2017 06:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20731

Actions (login required)

View Item View Item