ANALISIS PENERAPAN MODEL KONVERGENSI MEDIA TRIBUNNEWS DI KOTA PADANG (Studi Fenomenologi Jurnalis Media Online Tribunnews.com)

Mona, Triana (2023) ANALISIS PENERAPAN MODEL KONVERGENSI MEDIA TRIBUNNEWS DI KOTA PADANG (Studi Fenomenologi Jurnalis Media Online Tribunnews.com). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB VI Akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Fulltext)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/synt...

Abstract

Media online Tribunnews hadir di Kota Padang pada 2019 dengan alamat URL padang.tribunnews.com. Portal berita Tribun Padang memiliki platform media sosial sebagai tempat penyebaran informasi seperti Instagram, Facebook, YouTube, Twitter dan Tik Tok. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan internet sehingga melahirkan konvergensi media yang merupakan penggabungan dari berbagai platform. Namun, untuk jurnalis yang bekerja di media online Tribun Padang merupakan fresh graduate, melihat hal tersebut peneliti tertarik untuk menggali pengalaman komunikasi jurnalis Tribun Padang bekerja di era konvergensi media. Metodologi penelitian ini didasarkan pada fenomenologi pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik utama pengumpulan data. Penelitian dilakukan kepada lima jurnalis di Tribun Padang. Berdasarkan dari penelitian ini jurnalis media online Tribun Padang memahami konvergensi media berdasarkan dari tugas dan target kerja yang diberikan redaksi, yang mana harus mereka penuhi yaitu dari pembuatan berita hingga pengambilan foto, video dan melakukan siaran langsung di media sosial Facebook atau YouTube. Mereka juga tau bahwa hasil berita yang mereka buat tersebut tidak hanya ditayangkan di website media online Tribun Padang tetapi juga platform-platform media sosial. Dalam konteks media online Tribun Padang, penting bagi jurnalis untuk memahami bahwa isi konten yang dihasilkan harus disesuaikan dengan platform yang digunakan. Mengingat setiap platform media memiliki format dan kode komunikasi yang berbeda-beda. Tribun Padang, sebagai media online yang memiliki kehadiran di berbagai platform media sosial seperti Facebook, YouTube, Instagram, dan TikTok, memastikan bahwa setiap berita yang dibuat oleh jurnalis akan ditampilkan secara tepat di platform media sosial tersebut, sesuai dengan kriteria dan karakteristik masing-masing platform.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.Ikom
Uncontrolled Keywords: konvergensi media, fenomenologi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:43
Last Modified: 20 Jul 2023 03:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207294

Actions (login required)

View Item View Item