KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK (Studi Fenomenologi Komunikasi Anak dan Orang Tua Pengusaha UMKM di Kota Solok)

FEGITA, FEGITA (2023) KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK (Studi Fenomenologi Komunikasi Anak dan Orang Tua Pengusaha UMKM di Kota Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK gita.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN ta.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
8 mei lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi keluarga yang terjalin di dalam sebuah keluarga akan memicu keberanian serta kreativitas, dan inisiatif dari seorang anak dalam mendirikan sebuah usaha. Sehingga dukungan keluarga akan memberikan kesuksesaan seorang anak dalam berwirausaha, keluarga berperan penting dalam mengambil keputusan seorang anak dalam menekuni wirausaha di Kota Solok yang memiliki anak pengusaha umkm. Menjelaskan pengalaman komunikasi keluarga terhadapat antara orang tua dan anak yang memiliki UMKM dalam menumbuhkan semangat berwirausaha serta menemukan konsep-konsep komunikasi dalam peran orang tua untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan pada anak. Metode yang dilakukan oleh keluarga Tiga karena berwirausaha merupakan warisan turun temurun pada silsilah keluarga mereka, sehingga orang tua semangat dan selalu mengarahkan anaknya agar berwirausaha, niatan yang diarahkan tersebut sudah diberikan kepada anaknya sedari sekolah dasar. Serta menganalisis makna dari pengalaman komunikasi yang dilakukan orang tua untuk menumbuhkan semangat berwirausaha pada anak. Pada penelitian ini menggunakan teori fenomenologi dikarenakan akan berfokus bagaimana memahami tingkah laku orang tua dalam mengkomunikasikan kewirausahaan agar anak tersebut memiliki jiwa wirausaha serta peneliti melakukan interprestasi terhadap peran orang tua dalam menumbuhkan jiwa semangat wirausaha kepada anak. Ada Tiga informan pada penelitian, pada keluarga pertama sejak usia dini orangtua telah menanamkan semangat kewirausahaan pada anak, selalu memberikan dukungan serta motivasi dalam memulai usaha selalu dari bawah karna semua tentu sesuai dengan apa yang kita pikirkan naik turunnya usaha itu sudah biasa. Pada keluarga kedua adalah orang tuanya juga telah menanamkan semangat berwirausaha sejak anak usia SMP serta mengajarkan anak berjualan dan juga telah terbiasa dilingkup kasir dan berinteraksi dengan pembeli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom Dr. Sarmiati, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:08
Last Modified: 17 Jul 2023 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206938

Actions (login required)

View Item View Item