Pelatihan Manajemen Waktu dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Psikologi Universitas Andalas

Iqbal, Muhammad (2023) Pelatihan Manajemen Waktu dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Psikologi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir memiliki sejumlah permasalahan akademik, salah satunya adalah prokrastinasi akademik yang disebabkan oleh kegagalan dalam memanajemen waktu. Untuk itu dibutuhkan suatu kemampuan memanajemen waktu yang baik agar prokrastinasi akademik dapat dikurangi dan mahasiswa tingkat akhir dapat menyelesaikan studinya dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan manajemen waktu pada mahasiswa psikologi tingkat akhir di Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain metode eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan jenis one group pretest-posttest design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji paired sample t-tes. Subjek penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa tingkat akhir psikologi di Universitas Andalas, yang diperoleh dengan teknik pursposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan Academic Procrastination Scale (APS) dengan reliabilitas sebesar 0,914. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada perilaku prokrastinasi akademik antara sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan manajemen waktu dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Uji effect size menunjukkan nilai Cohen’s d pada 1,12 yang menunjukkan pengaruh dari pelatihan manajemen waktu dalam mengurangi prokrastinasi akademik dikategorikan sangat besar. Sehingga disimpulkan bahwa pelatihan manajemen waktu dapat mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir psikologi di Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Fitratul Illahi, Sp.M(K)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 18 Jul 2023 09:32
Last Modified: 18 Jul 2023 09:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206803

Actions (login required)

View Item View Item