PENGARUH BEBERAPA MACAM MEDIA TANAM DAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN MICROGREENS SERTA FENOLOGI PERKECAMBAHAN BENIH BROKOLI (Brassica oleracea L.)

NOVIANDANI, KHAIRUNNISA (2023) PENGARUH BEBERAPA MACAM MEDIA TANAM DAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN MICROGREENS SERTA FENOLOGI PERKECAMBAHAN BENIH BROKOLI (Brassica oleracea L.). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Noviandani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi antara beberapa media tanam dan nutrisi serta mendapatkan jenis media tanam maupun nutrisi terbaik terhadap pertumbuhan microgreens brokoli dan mengetahui fase-fase perkecambahan benih brokoli (Brassica oleracea L). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober-November 2022 di Rumah Kaca dan Laboratorium Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini disusun menurut Rancangan Faktorial 2 faktor dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor pertama 3 taraf perlakuan, faktor kedua 2 taraf perlakuan dan 3 ulangan sehingga terdapat 18 satuan percobaan. Perlakuan yang diberikan untuk faktor pertama yaitu media tanam tanah, cocopeat dan rockwool. Perlakuan yang diberikan untuk faktor kedua yaitu nutrisi AB Mix dan air kelapa muda. Hasil pengamatan di analisis secara statistik dengan uji F dan sebagai uji lanjutan Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Dari hasil penelitian di dapatkan interaksi antara media tanam dan nutrisi terhadap pertumbuhan microgreens brokoli pada parameter tinggi kecambah, jumlah daun, bobot segar dan kadar klorofil. Proses perkecambahan benih brokoli membutuhkan waktu 10 hari terhitung dari hari pertama sampai menjadi kecambah. Tahap perkecambahan dimulai dari membengkaknya benih pada hari ke-1 diikuti dengan munculnya radikula. Selanjutnya kotiledon mulai terangkat ke permukaan media tanam pada hari ke-3. Fase selanjutnya ialah muncul daun pertama pada hari ke-9 dan berwarna turquise – green colours (144A – R118) (RHSC Colour Charts Edition V).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Warnita, MP
Uncontrolled Keywords: brokoli, cocopeat, microgreens, nutrisi, rockwool.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:08
Last Modified: 17 Jul 2023 04:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206799

Actions (login required)

View Item View Item