Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Barang Menggunakan Business Inteligence (Studi Kasus: Barang Milik Negara Universitas Andalas)

Melki, Hendri (2023) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengadaan Barang Menggunakan Business Inteligence (Studi Kasus: Barang Milik Negara Universitas Andalas). Diploma thesis, Andalas University.

[img] Text (Cover_Abstrak)
Cover_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini dunia telah memasuki tahap revolusi industri 4.0 yang diawali dengan revolusi internet yang berfungsi sebagai kemudahan akses pertukaran informasi. Revolusi internet sejalan dengan perkembangan dan penerapan teknologi di berbagai bidang. Industri 4.0 telah membuka peluang bagi dunia di mana suatu aktivitas dapat beroperasi secara otomatis dan meningkatkan banyak proses menggunakan beberapa teknologi terkini yang sedang berkembang. Departemen Barang Milik Negara (BMN) Unand merupakan salah satu departemen yang berada direktorat Unand yang bertugas dalam mengelolah aset-aset Unand baik secara fisik maupun non fisik. Dalam pencatatan dan penyimpanan aset Unand baru menggunakan aplikasi Excel, Sehingga penggunaannya masih terbatas sampai penginputan, penyimpanan dan collect data saja. Untuk pembuatan laporan dan pengolahan data menggunakan aplikasi Ms. Excel yang mengakibatkan kurang efisien. Dari kondisi tersebut, maka perlu dirancang sebuah BI Aset Universitas Andalas. BI ini dirancang agar pengolahan data dapat dilakukan langsung oleh sistem sehingga dapat menghindari terjadinya human eror dalam proses pengolahan data. Perancangan business intelligence mampu meringkas pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh manusia, digantikan langsung oleh sistem. Business intelligence mampu menampilkan informasi secara real time yang telah melalui proses analisis oleh sistem terlebih dahulu. Informasi yang ditampilkan berupa Visualisasi dari data yang telah dianalisis sehingga akan memudahkan pihak manajemen dalam menyerap informasi yang diberikan. Penggunaan business intelligence dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang business intelligence Departemen Barang Milik Negara Universitas Andalas dengan menggunakan metode business intelligence road map. Perancangan dimulai dengan menganilisis peluang informasi berdasarkan data yang tersedia. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan data warehouse dan menghasilkan tiga tabel dimensi dan satu tabel fakta. Data warehouse digunakan sebagai wadah data yang akan diolah. Setelah itu data diolah dan di Visualisasikan dalam bentuk grafik dan tabel menggunakan aplikasi Ms. Power BI. Dengan menerapkan business intelligence ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam menarik sebuah informasi dari data yang telah ada. Business intelligence juga diharapkan dapat memudahkan pihak BMN Unand dalam mendapatkan informasi serta mengambil tindakan terhadap informasi yang diterima. Kata Kunci: Business Intelligence, Data Warehouse, Informasi, Visualisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN.Eng
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:20
Last Modified: 17 Jul 2023 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206521

Actions (login required)

View Item View Item