Peranan Humas Rumah Sakit Unand Dalam Mengelola Opini Publik Di Media Online

Chairun, Nisa (2023) Peranan Humas Rumah Sakit Unand Dalam Mengelola Opini Publik Di Media Online. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Sakit Unand sebagai fasilitas penyedia layanan kesehatan tentu berkaitan dengan masyarakat. Rumah Sakit Unand menerima banyak opini terkait dengan pelayanan nya, baik itu opini negatif maupun opini positif di media online maupun secara langsung. Skripsi ini membahas bagaimana opini publik mengenai Rumah Sakit Unand dan bagaimana peran Humas Rumah Sakit Unand dalam menghadapi opini publik di media online. Penelitian ini menggunakan teori public sphere oleh Habermas serta public information model dari Grunig dan Hunt. Berdasarkan teori serta model yang digunakan, peneliti melihat bagaimana opini publik muncul hingga berkembang di media online akibat pengalaman subjektif terhadap Rumah Sakit Unand. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma post positif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat banyak opini negatif maupun positif yang muncul dari perspektif individu akibat interaksi dengan Rumah Sakit Unand. Humas Rumah Sakit Unand melakukan berbagai cara untuk mengelola opini publik negatif tersebut,yaitu menjalin kerjasama dengan media lokal untuk pengalihan isu serta pemberian klarifikasi mengenai opini negatif yang berkembang, hingga melakukan tiga langkah untuk mengelola opini publik yaitu permintaaan maaf, verifikasi identitas pemberian penjelasan terkait yang dikeluhkan pasien hingga mengevaluasi pelayanan kepada poliklinik terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yayuk Lestari, M.A
Uncontrolled Keywords: Humas, Opini Publik,Rumah Sakit Unand, MediaOnline
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:00
Last Modified: 17 Jul 2023 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206497

Actions (login required)

View Item View Item