Hubungan Umur Ibu, Paritas dan Usia Kehamilan dengan Angka Kejadian Sectio Caesarea di Wilayah Kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam

Adiba, Husna Putri (2023) Hubungan Umur Ibu, Paritas dan Usia Kehamilan dengan Angka Kejadian Sectio Caesarea di Wilayah Kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
bab I.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
bab penutup.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI ADIBA UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lebih dari sepertiga dari kelahiran dilakukan melalui operasi sectio caesarea, angka persalinan dengan metode sectio caesarea mengalami peningkatan di seluruh dunia dan melebihi batas kisaran yang disarankan oleh WHO yaitu sebesar 5-15%. Persalinan dengan metode sectio caesarea dilakukan atas dasar indikasi medis baik dari sisi ibu dan janin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan umur ibu, paritas dan usia kehamilan dengan angka kejadian sectio caesarea di Wilayah Kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional di Wilayah Kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam dari bulan Maret-April 2023. Sampel dalam penelitian adalah ibu yang melakukan persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam sebanyak 100 Responden. Sampel di ambil dengan teknik Random Sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan Chi-Square (p0,05). Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden umur beresiko pada ibu dengan riwayat sectio caesarea yaitu 90% (p=0,102), mayoritas responden paritas beresiko pada ibu dengan riwayat sectio caesarea yaitu 87% (p=0,007), mayoritas responden usia kehamilan beresiko pada ibu dengan riwayat sectio caesarea yaitu 87% (p=0,007). Terdapat hubungan bermakna antara paritas dan usia kehamilan dengan angka kejadian sectio caesarea, dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara umur ibu dengan angka kejadian sectio caesarea di Wilayah Kerja Puskesmas Dadok Tunggul Hitam. Untuk mendapatkan analisis faktor resiko yang lebih mendalam berhubungan dengan angka kejadian sectio caesarea dengan riwayat sectio caesarea sebelumnya dengan menggunakan metode kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rafika Oktova, SST., M.Keb
Uncontrolled Keywords: Paritas, Sectio Caesarea, Umur ibu, Usia Kehamilan.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:36
Last Modified: 15 Jul 2023 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206472

Actions (login required)

View Item View Item