FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN INFEKSI LATEN TUBERKULOSIS PADA PETUGAS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PARU SUMATERA BARAT

IQBAL, Maulana (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN INFEKSI LATEN TUBERKULOSIS PADA PETUGAS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PARU SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK IQBAL.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (bab1)
BAB I IQBAL.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (bab 7)
BAB VII IQBAL.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA IQBAL.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (thesis full)
tesis iqbal cetak yang paling betul ndra-2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Risiko terjadinya infeksi laten tuberculosis (ILTB) pada petugas kesehatan lebih tinggi dibandingkan profesi lain karena kemungkinan kontak dengan pasien tuberkulosis (Tb) lebih sering. Risiko ILTB lebih tinggi pada orang yang tinggal di negara dengan beban Tb yang tinggi. Tenaga kesehatan di Indonesia memiliki kedua risiko tersebut. Metode: Desain penelitian ini adalah potong lintang, dengan memeriksa 31 orang tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Paru Sumatera Barat dengan menggunakan tuberculin skin test (TST) dengan zat PPD-RT 23 kemudian dilakukan pengukuran setalah 48-72 jam. Hasil TST dengan indurasi lebih sama dari 10mm, tidak ada gejala Tb, hasil foto toraks normal dan tes cepat molekural normal akan ditentukan sebagai ILTB. Hasil: Prevalensi ILTB pada petugas Kesehatan didapatkan 32,3% yaitu 10 dari 31 petugas Kesehatan yangmelakukanTST.Terdapat hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh (IMT) kurus dengan ILTB (p=0,046). Hubungan yang signifikan juga terdapat pada ketidakpatuhan penggunaan masker N95 dengan kejadian ILTB (p= 0,007). Kesimpulan: Ketidak patuhan penggunaan masker N95 dan BMI kurus merupakan faktor yang berhubungan dnegan kejadian ILTB.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Irvan Medison, Sp.P (K) FISR, FAPSR
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Petugas Kesehatan, ILTB, Masker N95, Berat badan kurang
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:33
Last Modified: 13 Jul 2023 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206375

Actions (login required)

View Item View Item