Pengaruh Social Support Teman Sebaya Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kedokteran

Suci, Rahmadani (2023) Pengaruh Social Support Teman Sebaya Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kedokteran. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (684kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
E-Skripsi Suci Rahmadani-1910321020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Psychological well-being yang rendah akan berdampak pada gangguan psikologis seperti stres sehingga berdampak terhadap penggunaan waktu yang lebih lama dalam pengerjaan skripsi. Social support teman sebaya dapat mengurangi dampak psikologis dari tantangan dan kendala yang dihadapi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi sehingga dapat mencapai psychological well-being. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social support teman sebaya terhadap psychological well-being mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Kedokteran. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Kedokteran, berjumlah 628 mahasiswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 244 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan adaptasi skala Ryff’s Scale of Psychological Well-Being oleh Ryff & Keyes (1995) (α = .701) dan Social Provinsions Scale oleh Cutrona & Russel (1987) (α = .912). Hasil analisis data yang telah dilakukan dengan perhitungan regresi linier diperoleh nilai .000 (p<.05). Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh social support teman sebaya terhadap psychological well-being mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Kedokteran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiwati, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Psychological well-being, Social support teman sebaya, Mahasiswa akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:35
Last Modified: 21 Jul 2023 09:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205967

Actions (login required)

View Item View Item