HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA NARAPIDANA REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II TANJUNG PATI

Muhammad, Agung Ashar (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA NARAPIDANA REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II TANJUNG PATI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FullText + lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Psychological well-being menjadi hal yang sangat penting apalagi untuk narapidana remaja di LPKA yang sedang dalam masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa. Salah satu faktor yang mendukung psychological well-being yaitu dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well-being pada narapidana remaja di LPKA Klas II Tanjung Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 59 narapidana remaja di LPKA Klas II Tanjung Pati, menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan Interpersonal Support Evaluation List (ISEL) dari Cohen & Hoberman (1985) yang telah dimodifikasi oleh Sukma (2018) dan Psychological Well Being Scale (PWBS) yang merupakan pengembangan dari teori Ryff dan Keyes (1995). Hasil reliabilitas skala psychological well-being adalah .701 dan pada skala dukungan sosial yaitu sebesar .863. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan psychological well-being pada narapidana remaja di LPKA Klas II Tanjung Pati. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil analisi korelasi dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar .304 yang berada pada kategori rendah dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,019. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial maka akan semakin tinggi psychological well-being pada narapidana remaja di LPKA Klas II Tanjung Pati. dan begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, narapidana remaja, pychological well-being
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:18
Last Modified: 21 Jul 2023 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205962

Actions (login required)

View Item View Item