PEMBINAAN REMAJA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH (Studi Kasus: 5 Remaja Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi, Sukarami, Arosuka, Kabupaten Solok)

Annisa, Rahmadhani (2023) PEMBINAAN REMAJA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH (Studi Kasus: 5 Remaja Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi, Sukarami, Arosuka, Kabupaten Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
ESKRIPSI AR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku seksual pranikah pada remaja menjadi sebuah fenomena sosial yang dihadapi oleh masyarakat Minangkabau yang menjadi pusat kegaduhan dalam lingkungan masyarakat. Persoalan pelik yang seharusnya dapat ditangani oleh pihak yang berwajib dan memiliki kesempatan dalam memperbaiki diri dengan disediakan instansi yang akan membina remaja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kehidupan dari remaja yang terjerumus pada perilaku seksual pranikah dan mendeskripsikan upaya yang mereka lakukan untuk memperbaiki diri melalui pembinaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah informan kunci dan informan biasa. Informan kunci yang akan menceritakan pengalaman mereka sebelum berada di panti dan sesudah. Menggunakan metode life history dengan mendapatkan data berdasarkan pengalaman kisah hidup informan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara, data yang didapatkan akan melalui proses penganalisisan. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pembinaan remaja perilaku seksual pranikah terjadi karena tidak terjalin dengan baik komunikasi antar orang tua dan anak sehingga terjadilah pola didikan dan cara penyampaian yang tidak baik. Hal ini menyebakan mudahnya masuk pengaruh lingkungan luar yang mempengaruhi pola pikir serta mental remaja dalam bertindak tidak baik dan melakukan perilaku seksual pranikah. Perlu adanya upaya dalam pembinaan remaja yang terlibat perilaku seksual pranikah dengan cara melakukan pembinaan di Panti Sosial. Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha esa, melakukan bimbingan social untuk mengevaluasi diri dalam bersikap dan berpikir, serta membangun mental untuk percaya diri di lingkungan masyarakat nanti, selain itu dapat menggali potensi diri dengan adanya keterampilan yang akan berguna dalam perekonomian. Tentunya proses pembinaan yang tak luput dari kendala dan penghambat, senantiasa hal tersebut dapat ditangani dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Setiawati, M.A
Uncontrolled Keywords: Panti Sosial, Pembinaan, Perilaku Seksual, Remaja
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:51
Last Modified: 13 Jul 2023 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/205943

Actions (login required)

View Item View Item